Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengobati Sakit Herpes Pada Si Kecil

  Herpes dalam istilah medis dikenal dengan Herpes Simplex Virus (HSV). Salah satu penyakit kulit berbahaya yang bisa menimpa bayi dan balita adalah herpes. Herpes sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu herpes simpleks dan herpes Zoster. Herpes simpleks merupakan jenis herpes yang sering menyerang region mulut dan organ genital.   Herpes simpleks pada bagian mulut adalah jenis herpes yang withering sering menyerang bayi dan balita. Penyakit herpes pada bayi sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian, karena daya tahan tubuhnya yang belum berkembang dengan sempurna.   Herpes sering menyerang anak di bawah usia lima tahun, yang biasanya mereka dapat dari kontak dengan orang terdekat yang mengidap herpes. Bayi mendapatkan penyakit ini dari orang tuanya yang menderita herpes tipe dua (yang menyerang daerah genital) saat dia dilahirkan dan kontak dengan vagina sang ibu.   ➤ Gejala   Gejala herpes simpleks pada bayi dan anak, diantaranya :   Demam   nafsu makan menurun   Adanya bintil berisi air di daerah mulut, bibir, atau lidah.   Terdapat luka seperti sariawan, yang kadang tampak mengering dan berbentuk krusta.   Bayi tampak sakit berat dan lemah.   ➤ Pencegahan   Berikut beberapa pencegahan yang bisa dilakukan agar bayi dan balita tidak terserang penyakit herpes adalah :   Ketika hamil, ibu harus sering melakukan pemeriksaan, khususnya pemeriksaan penyakit tertentu seperti herpes, yang bisa diturunkan kepada bayi.   Menjaga kesehatan dan kebersihan bayi dan balita serta lingkungan sekitar.   Menghindarkan bayi dan balita dari orang yang tengah terserang herpes.   Masing – masing anggota keluarga menggunakan handuk dan peralatan mandi yang terpisah untuk memperkecil kemungkinan penularan herpes.   Rutin memeriksakan kesehatan bayi dan balita.   Memberikan ASI eksklusif pada bayi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya.   Rajin mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah menyentuh bayi.   ➤ Pengobatan   Penanganan dan pengobatan herpes pada bayi dan balita di antaranya adalah sebagai berikut :   Obat untuk membantu mengatasi gejala yang menyertai herpes, misalnya obat parasetamol untuk demam dan nyeri.   Memberikan bedak dan salep acyclovir pada bagian yang terkena herpes.   Jika gejala herpes semakin parah, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Bayi memerlukan penanganan rawat inap, karena komplikasi yang mungkin dapat timbul, seperti kematian atau kerusakan otak.

Herpes dalam istilah medis dikenal dengan Herpes Simplex Virus (HSV). Salah satu penyakit kulit berbahaya yang bisa menimpa bayi dan balita adalah herpes. Herpes sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu herpes simpleks dan herpes Zoster. Herpes simpleks merupakan jenis herpes yang sering menyerang region mulut dan organ genital. 

Herpes simpleks pada bagian mulut adalah jenis herpes yang withering sering menyerang bayi dan balita. Penyakit herpes pada bayi sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian, karena daya tahan tubuhnya yang belum berkembang dengan sempurna. 

Herpes sering menyerang anak di bawah usia lima tahun, yang biasanya mereka dapat dari kontak dengan orang terdekat yang mengidap herpes. Bayi mendapatkan penyakit ini dari orang tuanya yang menderita herpes tipe dua (yang menyerang daerah genital) saat dia dilahirkan dan kontak dengan vagina sang ibu. 

➤ Gejala 

Gejala herpes simpleks pada bayi dan anak, diantaranya : 

Demam 

nafsu makan menurun 

Adanya bintil berisi air di daerah mulut, bibir, atau lidah. 

Terdapat luka seperti sariawan, yang kadang tampak mengering dan berbentuk krusta. 

Bayi tampak sakit berat dan lemah. 

➤ Pencegahan 

Berikut beberapa pencegahan yang bisa dilakukan agar bayi dan balita tidak terserang penyakit herpes adalah : 

Ketika hamil, ibu harus sering melakukan pemeriksaan, khususnya pemeriksaan penyakit tertentu seperti herpes, yang bisa diturunkan kepada bayi. 

Menjaga kesehatan dan kebersihan bayi dan balita serta lingkungan sekitar. 

Menghindarkan bayi dan balita dari orang yang tengah terserang herpes. 

Masing – masing anggota keluarga menggunakan handuk dan peralatan mandi yang terpisah untuk memperkecil kemungkinan penularan herpes. 

Rutin memeriksakan kesehatan bayi dan balita. 

Memberikan ASI eksklusif pada bayi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya. 

Rajin mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah menyentuh bayi. 

➤ Pengobatan 

Penanganan dan pengobatan herpes pada bayi dan balita di antaranya adalah sebagai berikut : 

Obat untuk membantu mengatasi gejala yang menyertai herpes, misalnya obat parasetamol untuk demam dan nyeri. 

Memberikan bedak dan salep acyclovir pada bagian yang terkena herpes. 

Jika gejala herpes semakin parah, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Bayi memerlukan penanganan rawat inap, karena komplikasi yang mungkin dapat timbul, seperti kematian atau kerusakan otak.

2 comments for "Mengobati Sakit Herpes Pada Si Kecil"

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q.ME
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete