Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Tanaman Sukun Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Sukun Untuk Kesehatan. Banyak masyarakat Indonesia mengenal tanaman sukun ini mungkin hanya buahnya saja. Yang biasanya buah dari tanaman ini kerap di jadikan pilihan olahan cemilan, dengan cara digoreng menjadi keripik, atau gorengan, bisa juga direbus untuk dijadikan sayur atau bisa di nikmati dengan cara dibakar.


Tanaman Sukun mempunnyai nama latin yaitu Artocarpus, dan ternyata tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan. Pada bagian yang lain selain buah yang dapat di manfaatkan yaitu, bagian batang, daun, akar hingga getahnya pun sangat berkhasiat untuk mengobati atau menyembuhkan berbagai macam penyakit akut maupun kronis yang contohnya seperti batu ginjal, jantung, diabetes militus, kanker payudara, penyakit kulit dan sakit gigi.


Berdasarkan riset dan penelitian yang sudah dilakukan oleh beberapa tim ahli yang berasal dari Indonesia yaitu salah satunya adalah Nublah dari Fakultas Biologi UGM, hal inni membuktikan bahwa daun dari tanaman sukun mempunnyai sifat antidiabetes.

Inilah beberapa manfaat tanaman sukun untuk kesehatan mulai dari Akar, Batang, Daun, Buah hingga Getahnya.

1. Akar 

Akar tanaman ini setidaknya mempunyai 9 senyawa aktif yang terkandung pada bagian akar, diantaranya yaitu senyawa Cycloartocarpin, Artonin, Artobiloxanthone dan Chaplashin. Beberapa dari senyawa tersebut bermanfaat untuk menghalau parasit pada penyakit malaria Plasmodium Falciparium, menangkal sel kanker epidermis dan payudara serta sebagai antibiotik mengobati berbagai jenis penyakit kulit seperti akibat luka bakar, panu dan sebagainya.

2. Batang

Dengan mengkonsumsi air matang rebusan dari kulit batang sukun yang sudah dibersihkan dan dijemur hingga kering sebanyak 15 gram bermannfaat untuk mengatasi luka pada lambung. Tak hanya itu senyawa Artocarpin yang ada pada bagian batang memacu membunuh sel-sel kanker payudara.

3. Daun

Daun pada tanaman sukun ini memiliki banyak senyawa yang bermanfaat diantaranya Saponin, Polifenol, Tanin, Asam Hidrosianat, Kalium, Phenol, Riboflavin dan Aseticolin yang terbukti melalui uji laboratorium oleh pakar kesehatan mampu melarutkan batu ginjal yang akan larut bersamaan dengan keluarnya air kencing.

Agar mendapatkan khasiat lebih, pilih daun sukun yang sudah tua yang bewarna kecoklatan,itu adalah pilihan terbaik untuk pengobatan,karena daun sukun yang sudah tua memiliki kandungan Flavonoid 100,68 mg/gram dari pada daun sukun muda yang memiliki kadar dibawahnya.

4. Buah dan Bunga

Untuk penderita diabetes, mengkonsumsi buah sukun sangat baik menurunkan kadar gula dalam darah dan menjadi pilihan baik untuk cemilan yang tinggi akan kadar karbohidrat namun rendah gula. Tak hanya itu saja, dengan melalui uji in vitro dan in vivo yang dilakukan oleh peneliti yang bernama Tjandrawati Mozef. M.Sc menandakan adanya perlindungan terhadap sel endhotelium, artinya dapat melindungi Jantung.

Baca Juga : Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

5. Bunga

Pada bagian bunga dari tanaman sukun ini juga berkhasiat untuk mengatasi sakit pada gigi. Caranya adalah dengan membakar bagian bunga tersebut sampai menyisakan abu, lalu kemudian bisa dioleskan pada daerah gusi atau gigi yang sedang sakit.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman sukun untuk kesehatan mulai dari Akar, Batang, Daun, Buah hingga Getahnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan informasi yang baik untuk para pembaca

Post a Comment for "Manfaat Tanaman Sukun Untuk Kesehatan"