Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Kandungan Nutrisi Daun Kelor Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Tanaman obat yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, yup kelor. Tanaman kelor memang memiliki segudang menfaat untuk kesehatan, yang biasa dimanfaatkan yaitu bagian daunnya. Selain memiliki banyak manfaat
tanaman ini juga mudah dijumpai di sekitar kita, biasanya tanaman ini tumbuh subur didaerah pedesaan. Tanaman kelor sering di jadikan sebagai ramuan obat alami untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Nah berikut ini adalah penjelasan mengenai kandungan apa saja yang ada pada daun kelor sehingga dapat mengobati berbagai jenis penyakit.
 

Apa Saja Kandungan Nutrisi Daun Kelor?

Beberapa nutrisi yang terkandung didalam daun kelor
 
- Vitamins A dalam daun kelor 4x lebih tinggi dari pada wortel.
- Vitamin B,
- Vitamin C dalam daun kelor 7x lebih tinggi dari pada jeruk.
- Vitamin E (lebih tinggi dari pada susu, wortel dan jeruk)
- Protein daun kelor 2x lebih tinggi dari telor.
- Kalsium dalam daun kelor 4x lebih tinggi dari pada susu.
 
Untuk cara mengolah daun kelor dapat dengan berbagai macam cara, anda dapat mengolah daun kelor sebagai sayur/dimasak, dapat juga di jadikan minyak, bahkan anda dapat mengolah daun kelor menjadi masker ataupun teh.

Untuk daun kelor yang diolah sebagai sayuran, ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan menyusui. Daun kelor yang diolah menjadi teh, memang memiliki manfaat lebih, namun hal ini harus memperhatikan pemilihan daun dan proses mengeringkannya.
Berikut ini adalah beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan.
 
Anti peradangan
Manfaat daun kelor yang pertama sebagai anti peradangan. Diketahui bahwa daun kelor mempunyai zat anti implamasi yang bermanfaat untuk mencegah peradangan.
 
Asam amino
Manfaat daun kelor yang kedua dari kandungan asam amino. Tingginya kandungan asam amino didalam daun kelor bermanfaat untuk menjaga susunan DNA.
 
Laktasi
Manfaat daun kelor yang ketiga yaitu untuk ibu menyusui. Sifat utama dari daun kelor yakni ayurdevux. Diketahui bahwa sifat tersebut memicu laktasi pada ibu menyusui sehingga dapat untuk meningkatkan asi.
 
Kolesterol
Manfaat daun kelor yang ke empat yakni sebagai sumber energi dan rendah kolesterol. Daun kelor bermanfaat untuk masuk dalam daftar diet harian dan juga mencegah gangguan sistem kadiovaskuler.
 
Sumber energi
Manfaat daun kelor yang kelima yaitu sebagai sumber energi bagi penderita diabetes.
 
Sistem syaraf
Manfaat daun kelor yang ke enam untuk mengatasi gangguan sistem syaraf akibat stress atau pikun.
 
Rambut sehat
Manfaat daun kelor yang ketujuh yaitu untuk merawat rambut agar tetap sehat. Seperti yang kita ketahui bahwa daun kelor mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi terutama vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk rambut.
 
Membantu pencernaan
Manfaat daun kelor yang kedelapan untuk membantu sistem pencernaan. Kandungan serat yang tinggi sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.
 
Antioksidan
Manfaat daun kelor yang kesembilan adalah sebagai antioksidan. Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan vitamin dan antioksidan didalam daun kelor membantu menangkal efek radikal bebas.
 
Merawat kulit
Manfaat daun kelor yang kesepuluh yaitu untuk merawat kulit. Kandungan vitamin E pada daun kelor dapat membantu kulit saat regenerasi sel-sel kulit mati.
 
Obat Jerawat
Manfaat daun kelor yang kesebelas yaitu untuk mengatasi jerawat. Caranya cukup mudah, hanya dengan cara menumbuk daun kelor hingga halus dan tempelkan pada kulit yang berjerawat.
 
Demikian artikel mengenai kandungan nutrisi daun kelor beserta manfaat untuk kesehatan, semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca dan terima kasih sudah berkunjung.
 

Post a Comment for "Inilah Kandungan Nutrisi Daun Kelor Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan"