Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Kita

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Kita - Daun kemangi yang biasa kita kenal sebagai bahan lalapan makan seperti pecel ayam atau pecel lele, ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Mungkin sebagian orang sudah tahu seperti apakah daun kemangi tersebut. Mungkin juga ada yang belum tahu seperti apakah daun kemangi itu. Daun yang bisa tumbuh dihalaman rumah ini mengandung banyak manfaatnya. Oleh karena itu, ga ada salahnya kalau kita bahas bersama tentang manfaat daun kemangi ini.  Apa sajakah manfaat daun kemangi untuk kesehatan? Sebelumnya perlu kita share seperti apakah daun kemangi tersebut, bagaima batang pohon kemangi dan bunga kemangi ataupun biji kemangi.

Manfaat Daun Kemangi
Manfaat Daun Kemangi
Kemangi adalah tumbuhan yang gemar tumbuh ketika musim hujan mulai berlangsung. Tumbuhan ini memiliki pohon berukuran kecil menyerupai rumput. Tubuhnya dibalut oleh bulu halus yang aman untuk disentuh. Didalam bunga kemangi, terdapat biji yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pengganti biji selasih. Daun kemangi memiliki rasa dan aroma yang khas. Rasa dan aroma tersebut kemudian membuat daun ini banyak digunakan sebagai lalap makan bersama pecel ayam atau penyet ikan.

Nah sobat tipskesehatan-ku, sekarang udah paham kan seperti apakah daun kemangi itu. Langsung saja kita menuju pada manfaat daun kemangi bagi kesehatan kita, antara lain :
  1. Mengobati sariawan, bagi anda yang sariawan bisa segera disembuhkan, kunyahlah manfaat daun kemangi dan memakannya lalu minum air hangat, lakukan 3 kali sehari dan lihat hasilnya.
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh, untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh dapat dengan menkonsumsi khasiat daun kemangi, ternyata hal ini karena mengandung beta karoten yang berfungsi untuk meningkatkan respon antibodi, beta karoten juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak.
  3. Membantu perkembangan tulang, ternyata juga dapat membantu perkembangan tulang kita, karena  manfaat daun kemangi memiliki kandungan fosfor dan kalium yang baik dalam pembentukan serta perkembangan tulang anda, dan daun ini dapat mencegah tulang keropos.
  4. Untuk mengobati panu, panu juga bisa disembukan dengan cara menghaluskan daun kemangi yang harus di cuci bersih, campurkan dengan sedikit kapur sirih dan oleskan pada bagian yang terkena panu.
  5. Melancarkan aliran darah, menkonsumsi daun kemangi dapat melancarkan aliran darah karena kandungan magnesium yang terdapat dalam kemangi membantu membuat pembuluh darah dan jantung menjadi rileks, dan aliran darah dalam tubuh akan tetap lancar.
  6. Manfaat Daun Kemangi Untuk mencegah adanya kemandulan, ternyata kemangi memiliki kandungan zat arginin yang berfungsi untuk membuat daya hidup sperma semakin kuat, tentu nya untuk mencegah kemandulan.
  7. Menjaga kesehatan organ jantung, daun ini mengandung magnesium dan juga beta karoten untuk menjaga kesehatan jantung, ini adalah mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh jantung.

Baca Juga :  Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan
                      Manfaat Daun Binahong Untuk Pengobatan


Demikianlah artikel kesehatan tentang  yang kita bahas kali ini. Jika punya halaman rumah atau lahan kosong, marilah kita tanami berbagai macam tanaman obat dan sayuran bermanfaat seperti tanaman kemangi ini. Semoga artikel kesehatan daun kemangi ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Silahkan share atau bagikan artikel kesehatan manfaat daun kemangi ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Post a Comment for "Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Kita"