Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Buah Tin , Buah Surga Yang Mempunyai Segudang Manfaat Untuk Kesehatan

TIPS KESEHATAN ALAMI - Buah Tin, begitu nama buah ini. Buah yang memiliki nama latin atau nama ilmiah Ficus Carica ini berasal dari Asia barat. Nama buah tin  sendiri berasal dari Bahasa arab dan juga tertulis didalam kitab suci umat islam. Buah tin memang mengandung banyak gizi karena mengandung molekul gula, vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah tin juga mengandung nutrisi seperti protein, mineral, vitamin, zat besi dan kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat buah tin untuk kesehatan, yuk simak bareng bareng :
 
 
Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan
 
Sumber Nutrisi
Buah Tin memiliki kandungan yang lengkap, sehingga mampu menjadi sumber nutrisi yang baik untuk tubuh manusia. Beberapa kandungan yang terdapat dalam buah tin seperti kalsium, serat, dan kalium. Buah tin juga mengandung
beberapa vitamin seperti vitamin A,B, juga C, dan mengandung sodium yang cukup rendah juga terdapat senyawa anti kanker yang bermanfaat untuk tubuh.
 
Mencegah Serangan Jantung
Serangan jantung muncul disebabkan salah satunya karena kadar natrium dalam tubuh cukup tinggi, natrium ini akan menyebabkan pembuluh menyempit
dan menghambat pendistribusian darah keseluruh tubuh. Buah tin mengandung senyawa kalium tinggi yang baik untuk menurunkan kadar natrium didalam tubuh. Agar terhindar dari resiko serangan jantung, silahkan konsumsi buah tin minimal 1x sehari.
 
Mengatasi Hipertensi
Kandungan mineral alami seperti magnesium, fosfor, omega 3, omega 6, dan fenol ini dapar bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi ini biasa disebabkan karena pembuluh darah menyempit. Jika hal ini dibiarkan, maka dapat menyebabkan munculnya penyakit jantung koroner yang sangat berbahaya.
 
Mengurangi Kadar Kolesterol Dalam Tubuh
Buah tin mengandung serat larut berupa pektin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh. Semua kolesterol akan tersapu bersih saat pektin masuk kedalam tubuh, dan akan dikeluarkan melalui ekskresi berupa BAB, keringat, ataupun air seni.
 
Baik Untuk Penderita Diabetes
Walaupun memiliki rasa yang manis, akan tetapi kandungan glukosa dan fruktosa dalam buah tin tidak akan membuat kadar gula dalam darah naik. Hal ini disebabkan karena buah tin mengandung serat larut dan karbohidrat yang akan menghambat proses penyerapan gula berlebih pada sistem pencernaan dan baik untuk mengobati diabetes. Buah tin juga cukup efektif untuk mencegah diabetes, tapi dengan syarat konsumsi tidak berlebihan.
 
Mencegah Munculnya Tumor
Kandungan benzaldehide dan phenol yang terdapat dalam buah tin dipercaya mampu menghentikan pertumbuhan parasite, jamur, dan virus yang menjadi penyebab munculnya tumor jinak. Buah tin juga mengandung antioksidan yang efektif untuk mencegah penyakit tumor ganas.
 
 Mampu mengatasi anemia (kurang darah)
Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada buah tin ini merupakan bahan baku dalam pembentukan hemoglobin darah.  Buah tin mampu mendongkrak pembentukan hemoglobin (HB)  dalam darah.
 
Mencegah Penyakit Tulang dan Menjaga Tulang
Kandungan senyawa kalsium dan fosfor didalam buah tin ini memang cukup tinggi, sehingga bagus untuk menjaga kesehatan tulang. Sangat dianjurkan untuk usia 30 keatas agar terhindar dari osteoporosis. buah tin juga dianjurkan untuk  membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada anak.
 
Mengobati Sembelit
Buah tin mengandung serat yang bersifat laktasif yang dipercaya mampu menyembuhkan sembelit kronis. Silahkan konsumsi buah tin secara rutin agar sembelit kronis dapat terobati, selain itu buah tin juga dapat menjaga kesehatan pencernaan.
 
Nah itulah beberapa informasi mengenai manfaat buah tin untuk kesehatan, smeoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca dan terima kasih sudah mampir kesini.
 

3 comments for "Inilah Buah Tin , Buah Surga Yang Mempunyai Segudang Manfaat Untuk Kesehatan"

  1. https://syafaatallah.blogspot.com
    ALLHAMDULILLAH SAYA SEMAKIN PAHAN ARTI BUAH TIN..

    ReplyDelete
  2. https://syafaatallah.blogspot.com
    ALLHAMDULILLAH SAYA SEMAKIN PAHAN ARTI BUAH TIN..

    ReplyDelete