Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dan Khasiat Batang Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Batang Pepaya Untuk Kesehatan. Tanaman Pepaya adalah salah satu buah favorit masyarakat Indonesia. Di negara malaysia pepaya di sebut dengan betik. kemudian di Jawa pepaya disebut sebagai kates. Pepaya adalah buah yang berasal dari California. Tanaman ini biasa ditanam oleh masyarakat indonesia sebagai tanaman kebun. Tidak hanya buahnnya saja yang bermanfaat, namun bunga dan batangnya pun bermanfaat, selain sebagai sumber pangan bisa juga sebagai bahan obat herbal.

Batang tanaman pepaya ini sering dijadikan bahan obat herbal, karena tanaman ini mengandung diantaranya 5,24% karbohidrat, 2,74% serat, 0,32% protein dan 82,32% air. Kandungan yang seperti inilah yang membuat batang betis bisa menjadi sumber pangan dengan cara diolah menjadi makanan ringan, jenang atau manisan.

Beberapa manfaat batang pepaya untuk kesehatan antara lain:
1. Menurunkan resiko diabetes
Makan nasi atau karbohidrat dari makanan dengan porsi banyak dapat meningkatkan resiko penyakit gula darah. Tetapi, hal ini tak berlaku bagi karbohidrat yang terbuat dari olahan batang pepaya. karena serat yang terkandung pada batang tanaman ini bisa menurunkan resiko diabetes.
2. Menjaga kesehatan jantung
Batang pepaya mengandung serat yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Dengan mengkonsumsi batang tanaman ini juga dapat menjaga kesehatan jantung dan menghindarkan dari resiko serangan jantung koroner. Tak cuma itu saja, Batang tanaman yang mengandung protein ini juga akan membantu jantung tetap dalam kondisi prima.
3. Mencegah peradangan usus
Sakit Radang usus atau polip usus adalah penyakit yang disebabkan oleh penumpukan feses dalam usus. Beberapa faktor penyebabnya adalah kurangnya asupan serat yang menjadikan feses tidak dapat dikeluarkan secara teratur. Mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti batang pohon pepaya dapat untmengatasi dan mencegah masalah semacam ini.
4. Mengeluarkan duri
Banyak yang belum tahu tentang manfaat batang pepaya yang satu ini. Pohon pepaya akan mengeluarkan getah berwarna putih susu ketika disayat. Getah inilah yang berguna untuk mengeluarkan duri, serpihan kayu atau serpihan kaca yang masuk ke permukaan kulit.
5. Mendukung metabolisme tubuh
Selain itu manfaat tanaman pepaya yang lainnya adalah sebagai pendukung metabolisme tubuh. Dikarenakan di dalam batang pohon pepaya mengandung protein yang mampu meningkatkan penyerapan nutrisi dan melancarkan penyerapan sehingga metabolisme menjadi lebih lancar. Selain itu, dan juga tubuh juga lebih tahan terhadap penyakit.
6. Menyehatkan janin
Protein yang ada dalam cukup selama awal kehamilan dapat mendukung pembentukan otak dan otot pada janin. Karenanya, mengganti asupan nasi dengan batang pepaya sangat baik bagi ibu hamil karena dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat sekaligus membantu mencukupi kebutuhan protein. Untuk menyeimbangkan, Anda juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan cold dan alpukat untuk mencerdaskan otak janin.
7. Mengurangi depresi
Manfaat batang pepaya lainnya adalah untuk mengurangi depresi. Manfaat ini juga masih terkait dengan kandungan protein di dalamnya. Dalam jumlah cukup, perotein akan membantu mencegah depresi serta meminimalisir rasa capek selepas aktivitas.
8. Membantu memlihara sel tubuh
Protein yang terkandung didalam batang pepaya akan menjadi asupan yang paling pas untuk menjaga kesehatan sel. Protein ini akan bekerja memelihara sel tubuh yang sehat serta meregenerasi sel tubuh yang rusak.
9. Sumber energi tubuh
Sudah dibahas sebelumnya jika batang pepaya mengandung karbohidrat cukup tinggi. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi batang pepaya ini dapat memberikan energi untuk tubuh seperti halnya mengkonsumsi nasi atau roti.
10. Mengendalikan berat badan
Tidak semua karbohidrat akan membuat badan lebih gemuk. Misalnya saja karbohidrat yang berasal dari batang pepaya. Meski dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat, batang tanaman ini tidak akan membuat tubuh semakin tambun karena tidak mengandung banyak gula. Tak hanya itu, batang tanaman yang tidak bercabang ini juga mengandung serat yang juga dapat memperlancar pencernaan.
Selain itu Manfaat Batang Pepaya Untuk Kesehatan Yang Lainnya Adalah :
11. Meningkatkan kesehatan kulit
12. Menyehatkan rambut
13. Menjaga kinerja otot
14. Mencegah wasir
15. Meningkatkan kekebalan tubuh
16. Menurunkan kolesterol
17. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
18. Menurukan resiko kanker
Itulah tadi beberapa manfaat dari batang pepaya untuk kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat batang pepaya seperti yang disebutkan di atas, Anda tak harus mengolahnya menjadi jamu. Untuk bisa menikmati batang tanaman ini tanpa rasa pahit dengan cara merebusnya terlebih dahulu.

Baca Juga : Manfaat Tanaman Sukun Untuk Kesehatan
Cara lain untuk mengambil khasiat batang tanaman pepaya adalah dengan mengolahnya menjadi keripik. Hanya dengan mengiris tipis tipis pohon pepaya lalu rendam dengan air kapur sirih. Setelah itu, rendam kembali dengan air garam kemudian cuci bersih. Langkah terakhir adalah pemasakan. Kamu juga bisa menggoreng atau menyangrai dari irisan batang pepaya yang telah di olah tadi.
Itulah beberapa manfaat tentang batang tanaman pepaya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu para pembaca.
Terimakasih sudah berkunjung.

Post a Comment for "Manfaat dan Khasiat Batang Pepaya Untuk Kesehatan"