Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Daun Seledri Bagi Penderita Hipertensi

Manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi- Daun seledri sebenarnya mempunyai manfaat yang bagus untuk penderita hipertensi, karena mempunyai kandungan gizi dna nutrisi seperti phthalides, kumarin dan juga apigenin. Oleh sebab itu daun seledri biasa di gunakan sebagai bahan diet sehat untuk penderita hipertensi,hal ini memang sangat dianjurkan.


Ini adalah alasan mengapa daun seledri sangat baik untuk menurunkan tekanan darah dan juga tentang penjelasan dan rincian kandungan yang ada di dalam daun seledri dan juga alasan mengapa sangat baik untuk menurunkan tekanan darah.


1.Phthalides

kandungan kimia yang ada di dalam daun seledri  salah satunya adalah phthalides. inilah  sebabnya daun seledri mengluarkan aroma dan rasa yang khas. Phthalides saat ini sudah terbukti mampu melemaskan otot-otot halus yang menyelimuti pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir lebih lancar

Tekanan darah tinggi disebabkan salah satunyal karena adanya penyumbatan pembuluh darah. Beberapa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi salah satunya adalah karena stress. Manfaat phthalides yang lain yakni dapat memproduksi hormone untuk mengusir hormone stress yang melanda tubuh sehingga lebih mudah dalam proses penyembuhan bagi penderita tekanan darah tinggi.

2.kumarin

Seledri juga mempunyai kandungan kumarin. Manfaat Kumarin bagi tubuh adalah karena mampu menghalau datangnya zat karsinogenik yang lebih dikenal dengan istilah radikal bebas. Radikal bebas juga menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh.

Manfaat kumarin lainnya adalah untuk membuat daya tahan tubuh meningkat sehingga tubuh tidak mudah sakit dan mampu merangsang produksi sel darah putih sehingga bibit penyakit dapat dibasmi dengan mudah oleh tubuh. hal ini akan berimbas pada penurunan tekanan darah secara signifikan bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi.

3.Apigenin

Zat yang ketiga adalah zat Apigenin. Zat ini  merupakan zat kimia bioflavonoid yang banyak ditemukan di dalam sayuran hijau. Banyak sekali manfaat dari apigenin ini contohnya untuk anti iritasi, anti inflamasi, anti kanker, anti kuman dan anti septic.

Apigenin juga mempunyai fungsi yang lainya yaitu mampu melebarkan pembuluh darah sehingga darah lebih lancar saat mengalir. Hal ini tentunya sangat baik karena nantinya dapat mencegah terjadinya penurunan tekanan darah.

Selain dapat melebarkan pembuluh darah, manfaat lainnya adalah mampu mengurangi produksi hormone stress. Radikal bebas juga akan dibasmi lebih cepat dan ampuh dengan menggunakan apigenin ini.

Nah itu adalah tiga kandungan senyawa kimia yang ada di dalam daun seledri yang mampu membuat tekanan darah menurun. Mengonsumsi daun seledri sangatlah aman bagi anda untuk memiliki tubuh sehat.


Peringatan mengonsumsi daun seledri

Meskipun daun seledri menjadi idola bagi para praktisi pengobatan herbal untuk menurunkan tekanan darah namun harus dipahami juga bahwa terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat mengonsumsi daun seledri, diantaranya adalah berikut:

- Mengonsumsi daun seledri ini sebaiknya tidak lebih dari 4 batang dalam satu hari, karena jika mengonsumsinya secara berlebihan justru dapat mengakibatkan tekanan darah naik lebih banyak, hal ini di sebabkan karena daun seledri juga mengandung natrium.

- Sebenarnya untuk Penelitian mengenai manfaat daun seledri secara resmi belum tersedia hingga saat ini dan hal ini memungkinkan bagi beberapa orang tidak cocok menggunakan terapi herbal daun seledri. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Peringatan ini sebaiknya dijadikan perhatian bagi anda untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat daun seledri untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jangan lupa untuk mengimbangi gaya hidup sehat seperti makan makanan bergizi dan cukup olahraga

Post a Comment for "Manfaat Daun Seledri Bagi Penderita Hipertensi"