Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Manfaat Batang Tanaman Talas Yang Jarang Orang Tau

TIPS KESEHATAN - Talas adalah tanaman yang sudah familiar di telinga orang Indonesia. Apalagi untuk anda yang berasal dari daerah bogor, pasti tanaman ini sudah tak asing lagi, karena Talas bogor memang terkenal sangat. Bahkan talas juga sudah dapat di manfaatkan untuk berbagai macam olahan makanan. Untuk batang tanaman talas ini sering disebut dengan nama lompong. Banyak sekali manfaat dari tanaman talas ini, tak hanya dagingnya saja namun batangnya pun juga memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai manfaat dari batang talas, yuk mari simak bersama :


Manfaat Batang Tanaman Talas Untuk Kesehatan

Mengobati Diare
Bakteri E.Collie adalah sumber dimana penyakit diare itu muncul. Nah untuk mengatasi diare, dapat menggunakan 30 gram batang talas dan 30 gr patikan kebo. Silahkan cuci bahan dan kemudian dipotong kecil-kecil. Kemudian rebus semua sampai air mendidih sampai tinggal 3 gelas air, kemudian saring dan minum pagi dan sore.

Mengobati Disentri


Disentri adalah merupakan penyakit infeksi usus. Penyakit ini ditandai dengan buang air besar yang bercampur lendir atau bisa juga darah. Disentri ini biasa disertai dengan rasa mulas, mual, demam dan juga kram perut.

Namun jangan kuatir, ada hanya perlu menyiapkan 20 gram pangkal batang talas segar kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai air yang tersisa tinggal setengahnya. Kemudian saring dan tambahkan gula seperlunya saja. Silahkan minum selagi hangat setiap hari sampai disentri sembuh.



Mengobati Radang Ginjal

Radang ginjal ternyata dapat di obati menggunakan umbi talas. Caranya adalah siapkan ½ kg umbi talas yang sudah dikupas kulitnya. Kemudian iris tipis tipis dan jemur sampai kering. Jika sudah kering dapat di sangrai hingga matang dan giling sampai menjadi bubuk halus. Untuk mengkonsumsinya, silahkan campurkan setengah sendok teh bubuk umbi talas dengan satu gelas air hangat, silahkan minum ramuan ini 1 sampai 2 gelas sehari sampai radang ginjal sembuh.

Mengobati Kanker
Batang talas memiliki kandungan saponin. Saponin ini adalah sejenis glikosida, yang akan bertugas untuk melawan sel kanker tanpa mengganggu aktivitas sel yang sehat.

Mengobati Biduran


Biduran ternyata juga dapat di obati menggunakan bagian akar talas. Caranya dengan menyiapkan 30 gram akar talas, kemudian cuci hingga bersih. Silahkan rebus akar talas yang sudah di cuci bersama iga sapi sampai benar benar iga sapinya matang. Kemudian minum air rebusan tersebut selagi masih hangat, untuk iga yang telah direbus tadi juga dapat dimakan.

Mengobati Nyeri Otot Dan Sendi
Nyeri otot dan sendi ternyata juga dapat di sembuhkan menggunakan khasiat batang talas. Carannya cukup mudah, siapkan batang talas yang dekat dengan bagian akarnya, kemudian Kupas kulit luarnya dan tumbuk sampai benar benar halus. Tambahkan satu sendok cuka beras dan aduk hingga merata. Silahkan oleskan ramuan ini untuk otot dan sendi yang terasa nyeri.

Mengobati Bisul
Getah yang sering keluar dari batang talas ternyata dapat digunakan untuk mengobati bisul. Selain itu, manfaat getah talas ternyata juga dapat meredakan rasa nyeri dan juga menghentikan peradangan. Namun sayang, banyak orang yang memiliki kulit sensitif, jika terkena getah tanaman ini maka akan merasakan gatal. Oleh karena itu, sebelum mencobanya, silahkan oleskan dulu getah talas ke bagian kulit yang sehat sebelum mengoleskannya pada bisul. Ini untuk mengetahui alergi atau tidaknya kulit yang akan di olesi.

Antioksidan


Saponin yang terkandung didalam batang talas ternynata tidak hanya berfungsi untuk antimutagenetik, namun juga dapat menghambat kerusakan DNA dan berfungsi sebagai antioksidan. Dengan mengkonsumsi batang talas maka tubuh kita akan dapat menangkal efek buruk dari lingkungan.

Baik Untuk Sistem Pencernaan
Batang talas juga memiliki kandungan serat alami terbaik. Didalam 100 gram umbi talas, ternyata mengandung sekitar 4,1 gram serat atau setara dengan 11% kebutuhan serat harian.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat batang tanaman talas untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca, terimakasih sudah mampir kesini.

Post a Comment for "Inilah Manfaat Batang Tanaman Talas Yang Jarang Orang Tau"