Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Kandungan , Manfaat / Khasiat & Efek Samping Biji Mahoni Untuk Kesehatan , Lengkap

TIPS KESEHATAN- ALAMI - Biji Mahoni, begitulah namanya. Sebuah biji yang memiliki warna cokelat dengan rasa yang teramat pahit. Rasa pahitnya hampir mirip seperti pare. Yang terkenal dari pohon mahoni ini biasanya adalah batang/pohonnnya saja, karena memang sering dijadikan bahan baku oleh tukang untuk membuat perkakas rumah tangga, atau furniture. Padahal biji mahoni ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena memiliki kandungan senyawa yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah 3 kandungan senyawa yang terdapat pada biji mahoni :


KANDUNGAN BIJI MAHONI

Alkaloid
Senyawa pertama yang terkandung didalam Biji mahoni adalah senyawa Alkaloid. Senyawa ini memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, dimana kandungan alkaloid sangat efektif untuk detoksifikasi dan mencegah oksidasi pada tubuh.

Flavonoid
Senyawa yang kedua adalah senyawa Flavonoid. Flavanoid ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, karena senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan juga racun. Flavanoid juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Saponin
kemudian senyawa terakhir yang terkandung didalam biji mahoni adalah senyawa saponin. Sennyawa ini bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes melitus, karena efek hipoglikemik dari saponin lebih kuat dari pada obat antidiabetes generik.

Di atas sudah dijelaskan beberapa zat atau senyawa yang terkandung didalam biji mahoni sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Nah agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang manfaat dari biji mahoni untuk kesehatan atau pengobatan, yuk simak bareng-bareng.

MANFAAT BIJI MAHONI UNTUK KESEHATAN :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

2. Melancarkan Peredaran Darah

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

4. Mengatasi Alergi Kulit

5. Mengurangi Rasa Nyeri saat Haid

6. Menjaga Kesehatan Jantung

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

8. Membantu Meningkatkan Berat Badan

9. Membantu Mengobati Hipertensi

10. Sebagai Penolak atau Pengusir Serangga

11. Mengobati Sembelit

12. Meningkatkan Nafsu Makan

13. Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

14. Meredakan Sakit Pilek dan Demam

15. Mengobati Eksim dan Rematik

16. Mencegah Penuaan Dini


17. Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan

CARA MENGKONSUMSI BIJI MAHONI
Adapun cara mengonsumsi biji mahoni untuk mendapatkan manfaatnya adalah:

-Sebelum mengkonsumsi biji mahoni, silahkan minum 1 sampai 2 gelas air putih untuk membersihkan sistem pencernaan sehingga proses penyerapan menjadi lebih baik.

-Silahkan telan langsung atau dapat dikunyah kemudian telan berbarengan dengan air. 

-Biji mahoni ini dapat dikonsumsinya baik sebelum ataupun sesudah makan.

EFEK SAMPING BIJI MAHONI

Konsumsilah biji mahoni 1 biji sehari untuk mendapatkan manfaatnya, jangan berlebihan. Karena apapun yang dikonsumsi secara berlebihan maka akan memberikan efek negatif pada tubuh. Mendapatkan asupan saponin dan flavonoid yang berlebihan akan memberikan efek buruk terhadap tubuh.

-Asupan Saponin yang berlebihan dapat menyebabkan batu empedu.
-Jangan mengkonsumsi Flavonoid berlebihan, asupan flavonoid tidak boleh lebih dari 200mg.

Untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang efek samping yang dihasilkan oleh biji mahoni, alangkah baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kesehatan agar mendapat penjelasan yang tepat, sebelum anda mengkonsumsi biji mahoni. Nah itulah beberapa penjelasan tentang kandungan, manfaat, dan juga efek samping yang dihasilkan oleh biji mahoni. Semoga bermanfaat ya, terima kasih sudah mampir.

Post a Comment for "Inilah Kandungan , Manfaat / Khasiat & Efek Samping Biji Mahoni Untuk Kesehatan , Lengkap"