Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Manfaat Madu Untuk Kesehatan

13 Manfaat Madu Untuk Kesehatan- Madu memang mempunyai manfaat yang sangat banyak sekali, tak hanya untuk menjaga kesehatan namun madu juga bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit dan untuk keluhan lain yang berkaitan dengan tubuh manusia. Madu adalah suatu cairan yang sangat ajaib dan juga sangat hebat karena mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu khasiat madu yaitu untuk mengobati berbagai macam penyakit dan juga keluhan seperti mengobati sariawan, meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan jerawat dan sebagainya.

Madu memang banyak bermanfaat untuk kesehatan. Madu juga bermanfaat untuk menambah stamina tubuh kita. Jadi tidak heran jika banyak makanan dan minuman penambah stamina yang banyak mengandung madu walaupun hanya sebagai bahan pelengkap saja.



Inilah beberapa manfaat madu untuk kesehatan

1. Menghilangkan Batuk

Madu memang sangat efektif untuk menghilangkan batuk. Madu yang mengandung Dekstrometorfan (DM) dapat menenangkan batuk pada malam hari untuk anak-anak dan meningkatkan kualitas tidur mereka. Dalam sebuah penelitian, apabila anak-anak meminum dua sendok teh madu 30 menit sebelum tidur maka akan mengalami penurunan intensitas batuk dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum madu.

2. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Banyak yang sudah mengetahui jika Kanker dan Jantung adalah dua penyakit yang paling berbahaya dan ini ternyata dapat di cegah hanya dengan mengkonsumsi madu secara teratur. Madu mengandung zat flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

3. Meningkatkan daya ingat

Sebuah penelitian menunjukan bahwa 102 wanita yang sudah berusia menopause diwajibkan untuk mengkonsumsi 20 gram madu sehari. Setelah empat bulan, mereka yang mengkonsumsi madu ternyata meningkat daya ingat jangka pendeknya.

4. Sumber nutrisi yang lengkap

Madu memang banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk niacin, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium dan seng. Untuk itu dengan konsumsi madu dapat memberikan  zat yang di butuhkan oleh tubuh kita.

5. Ampuh Menghilangkan Luka

Madu juga bermanfaat untuk mengobati luka. Pada sebuah penelitian di Norwegia bahwa terapi madu menggunakan Medihoney (madu Selandia Baru yang mengalami proses pemurnian khusus) dan juga Norwegian Forest berhasil membunuh berbagai bakteri yang terdapat dalam luka.

Sebuah studi lain, bahwa 59 pasien yang menderita luka dan borok kaki, ada sekitar 80 % dari mereka telah gagal untuk sembuh dengan pengobatan konvensional, kemudian mencoba diobati menggunakan madu yang belum diproses. Hal ini menunjukkan peningkatan yang luar biasa setelah diolesi madu. Luka yang sudah steril di awal akan cepat sampai sembuh, kemudian untuk luka yang terinfeksi dan borok akan menjadi steril dalam waktu satu minggu setelah menerapkan madu.

6. Metabolisme Alkohol

Mengkonsumsi madu secara langsung akan bermannfaat untuk meningkatkan kemampuan tubuh melakukan metabolisme alkohol.Hal ini akan membatasi keracunan dan juga mengurangi kadar alkohol dalam tubuh lebih cepat. Nah ini sangat cocok untuk orang yang sering minum minuman beralkohol.

7. Menghilangkan Alergi

Madu juga bermanfaat untuk mengurangi gejala alergi musiman. Hal ini karena madu memiliki efek anti-inflamasi. Namun perlu diketahui juga bahwa manfaat madu untuk mengobati alergi belum terbukti dalam studi klinis. Jejak serbuk sari bunga dan paparan alergen yang terkandung di dalam madu berguna untuk memerangi reaksi alergi.


8. Memerangi Bakteri

Manfaat madu juga telah terbukti dapat membunuh patogen penyakit yang di sebabkan oleh makanan, contohnya  E. coli, salmonella, methicillin resistant Staphylococcus aureus juga Pseudomonas aeruginosa yang biasanya terdapat di rumah sakit atau klinik.

9. Berpotensi mencegah rendahnya jumlah sel putih

Madu dapat digunakan sebagai cara untuk mencegah rendahnya jumlah sel darah putih yang disebabkan oleh kemoterapi. Sebuah penelitian menunjukan bahwa 40 persen pasien kanker yang berada dalam risiko neutropenia (jumlah darah sangat rendah) tidak memiliki penurunan sel lebih lanjut dari kondisi kemoterapi ini setelah mengkonsumsi dua sendok teh madu setiap hari selama kemoterapi. Obat herbal ini memang memiliki potensi besar akan tetapi harus di lakukan penelitian yang mendalam agar mendapatkan manfaat yang lainnya.

10. Meningkatkan metabolisme tubuh

Madu dapat dipercaya sebagai salah satu sumber makanan penting untuk menjaga metabolisme tubuh.  Hal ini dikarenakan madu merupakan salah satu makanan yang sangat kaya akan nutrisi sehat seperti vitamin, mineral, dan berbagai gizi lainnya

11. Meningkatkan Kesuburan Suami dan Istri

Manfaat madu yanng lain yaitu untuk meningkatkan kesuburan suami istri. Nah ini sangat bermanfaat bagi semua orang terutama untuk orang yang sudah lama menikah namun belum di kasih momongan (sulit mempunyai keturunan) ada baiknya mencoba khasiat dari madu ini. Minumlah madu secara rutin agar mendapatkan khasiat dari madu.

12. Meningkatkan Stamina

Madu juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan stamina, hal ini sudah bukan rahasia umum lagi, karena hampir semua minuman energi menempatkn madu sebagai bahannya walaupun dosisnya masih sangat kecil untuk meningkatkan stamina. Mengkonsumsi madu secara langsung juga dapat meningkatkan stamina saat melakukan hubungan suami dan istri.

13. Mencegah diabetes (Penganti Gula)

Madu juga bermanfaat untuk mencegah diabet, Walaupun madu mengandung gula, namun tidak sama dengan gula putih atau pemanis buatan. Kombinasi yang tepat dari fruktosa dan glukosa sebenarnya membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Beberapa madu memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga mereka tidak menyebabkan kenaikan gula darah Anda.


Nah itulah beberapa manfaat madu untuk kesehatan, sebenarnya masih banyak lagi manfaat madu yang lain seperti untuk kecantikan dan juga mengobati jerawat. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca.
terimakasih sudah mau berkunjung.

Post a Comment for "13 Manfaat Madu Untuk Kesehatan"