Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan - Siapa yang ga kenal buah manggis? Buah yang manis rasanya dan tertutup oleh kulit yang sangat tebal dan beratnya melebihi berat isinya. Buah manggis merupakan buah merah keunguan yang memiliki rasa manis dan nikmat sehingga banyak orang menyukainya. Pohon manggis sendiri hidup subur di daerah tropis pegunungan dengan cuaca sejuk segar. Biasanya pohon manggis bisa tumbuh besar hingga mencapai 25 meter. Sedangkan buah manggisnya memiliki warna merah keunguan hingga kecoklatan pada kulitnya ketika sudah masak dan buah dalamnya warna putih dengan rasa manis nikmat. Rasa manis nan nikmat inilah yang menjadi penyebab utama banyak orang menyukai buah manggis.

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Selain rasa manis nan nikmat rasa buahnya, manggis juga memiliki banyak manfaat tersembunyi bagi kesehatan kita. Mungkin tidak semua orang mengetahui akan banyak manfaat pada buah manis yang satu ini. Mungkin karena jarang makan buah manggis, jadi kurang memperhatikan akan manfaat-manfaat buah manggis tersebut. Ya, jujur saya sendiri juga jarang loh makan buah manggis. Berbeda dengan buah jeruk, pisang, pepaya dan mangga yang sering kita makan dan mudah kita jumpai di tukang buah. Lalu apa sajakah manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh kita?

Langsung saja, berikut ini beberapa manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh kita, antara lain :
  • Buah manggis bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Taukah bahwa senyawa xamthone atau anti kanker dalam buah manggis sangat bermanfaat untuk mencegah atau memperlambat proses tumbuhnya sel-sel kanker pada hati dan usus besar serta sel-sel kanker darah (Leukemia).
  • Buah manggis bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan kekebalan tubuh. Kandungan zat catechins pada buah manggis ini mampu mengalahkan kandungan vitamin C dan vitamin E dalam melindungi tubuh dari masuknya radikal bebas. Nah, ada baiknya mengkonsumsi buah manggis rutin setiap hari agar tubuh selalu terjaga dan terhindar dari masuknya radikal bebas.
  • Jus buah manggis bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri.
  • Buah manggis bermanfaat untuk mencegah penyakit batu ginjal. Biasanya orang yang mengkonsumsi buah manggis akan cenderung lebih sering buang air kecil. Inilah yang mampu menghindarkan kita dari penyakit batu ginjal. Oleh karena itu, makan buah manggis setiap hari sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.
Baca Juga :  Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Kita


Demikianlah beberapa manfaat hebat buah manggis bagi kesehatan tubuh kita. Selain yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak lagi manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh yang lainnya. Semoga artikel kesehatan ini bisa menambah ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semuanya. Jika berkenan, silakan share atau bagikan artikel kesehatan tentang manfaat buah manggis bagi kesehatan melalui sosial media dan blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Post a Comment for "Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan"