Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun. Dari jaman  dahulu minyak zaitun memang sudah di ketahui banyak manfaatnya. Tidak heran, minyak zaitun sering digunakan produsen kosmetik. Minyak zaitun berasal dari tanaman zaitun yang tumbuh di wilayah mediterania yang memberikan intensitas matahari yang banyak. Minyak zaitun sangat dikenal dalam dunia kecantikan, kuliner bahkan kesehatan. Di karenakan kandungan nutrisi di dalam minyak zaitun tersebut sangatlah banyak.


Dari setiap kandungan 100 gram minyak zaitun terdapat sejumlah nilai gizi yaitu:

• Energi – 3701 kJ (885 kcal)
• Karbohidrat – 0 g
• Lemak – 100 g.
– Jenuh (14 g)
– Tak jenuh tunggal (73 g)
– Tak jenuh ganda (11 g)
– Omega-3 lemak (<1,5 g)
– Omega-6 leak (3,5-21 g)
• Protein – 0 g
• Vitamin E – 14 mg (93% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)
• Vitamin K – 62 mg (59% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)

Inilah jenis jenis Minyak Zaitun Yang Perlu Anda Ketahui dan pahami

• Virgin Olive Oil – Salah satu produk minyak zaitun yang paling populer, minyak zaitun untuk  minyak goreng yang terkenal dengan kandungan asam yang rendah. Hal ini adalah yang paling cocok di gunakan untuk orang yang ingin menikmati manfaat minyak zaitun tanpa mengkhawatirkan kesehatan karena zat asam.
• Extra Virgin Olive Oil – Dibuat dengan pendinginan buah zaitun, minyak ini dianggap menjadi yang terbaik untuk tubuh kita. Akan tetapi tidak semua orang mampu untuk membeli minyak extra virgin karena biaya yang cukup tinggi.
• Pure Olive Oil – Minyak ini sebenarnya merupakan penggabungan dari minyak zaitun halus dan original. Memiliki kandungan asam yang tinggi, dan karenanya tidak cocok untuk digunakan.
• Lampante Oil – Tipe yang satu ini  hanya digunakan sebagai bahan bakar dan tidak cocok untuk memasak makanan .

Inilah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan juga kesehatan. Kita dapat membagi khasiatnya untuk kecantikan kulit hingga untuk kesehatan tubuh.

1. Memberikan Kelembaban Alami Kulit

Banyak orang Indonesia yang umumnya sering mengalami masalah kulit kering, sehingga dibutuhkan asupan makanan alami untuk kulit, yang memberikan kelembapan ekstra seperti manfaat lidah buaya. Kandungan manfaat vitamin E pada minyak zaitun ini sangat baik untuk memberikan kadar minyak alami. Caranya :
Adalah dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit wajah sebelum tidur, namun hati-hati untuk mengoleskan minyak zaitun pada daerah sensitif seperti daerah sekitar mata.eits….tapi sebselum memakai minyak zaitun bersihkan dulu wajah anda.

2. Mencegah Penuaan Dini

Minyak zaitun akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, karena mengandung zat linoleic acid. Yang berfungsi untuk mencegah munculnya kulit keriput pada usia dini. Kandungan antioksidan yang kaya pada minyak zaitun ini juga banyak terdapat pada kacang hijau dan anggur.

3. Menghilangkan Noda Jerawat

Untuk menghilangkan noda jerawat yang membandel juga bisa. Hanya dengan memanaskan sebentar minyak zaitun, kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat noda jerawat.

4. Anti Inflamasi

Minyak zaitun akan membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan karena minyak zaitun mengandung  antikosidan jenis polifenol. Senyawa polifenol inilah yang mengandung sifat anti inflamasi. Sudah lama para ilmuwan melakukan banyak penelitian pada efek polifenol ini, yang termasuk baik terhadap tulang dan kesehatan pencernaan. Tak hanya itu, minyak zaitun ini  juga berpotensi terhadap peningkatan fungsi otak (kognitif) dan memori.

5. Mengontrol Tekanan darah

Untuk diet sehari-hari juga bisa di tambahkan dengan minyak zaitun selama 6 bulan lebih, yang berlanjut dengan perawatan biasa, dapat mengontrol tekanan darah seperti manfaat ketimun. Pada beberapa kasus yang ditemukan, baik yang bertekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi benar-benar dapat menurunkan takaran obat  atau menghilangkannya sama sekali. Namun, jangan dilakukan tanpa pengawasan dokter.

6. Kolesterol Baik

Minyak zaitun masuk ke dalam daftar makanan bukan lemak jenuh dan mampu menurunkan kadar kolesterol,  kolesterol tinggi. Namun, pada beberapa penelitian menunjukkan minyak diet lainnya seperti bunga matahari dan minyak canola, memungkinkan dalam penurunan kadar LDL dan jenis kolesterol lain kolesterol yang disebut apolipoprotein B.

7. Pencegahan Kanker

Mengkonsumsi minyak zaitun juga sangat berpengaruh untuk menurunkan risiko terhadap terjadinya kanker kolorektal. Selain itu, untuk wanita yang menyukai penggunaan minyak zaitun ini, diduga dapat memberikan perurunan terhadap risiko terjadinya kanker payudara.

8. Mencegahan Stroke

Resiko penyakit stroke di kemudian hari bisa di atasi dengan sering  mengkonsumsi minyak zaitun , daripada yang tidak mengkonsumsinya sama sekali. Hal ini di ketahui dari sebuah penelitian,tetapi meskipun penilitian ini masih bersifat observasional, tapi akan dilakukan pengembangan penilitian langsung kepada objek yang mengkonsumsi ataupun tidak.

9. Lotion Alami Untuk Rambut

Pengeritingan yang sering di lakukan untuk rambut, pelurusan atau bersinggungan dengan bahan kimia seperti obat rebounding, dapat menimbulkan kerusakan rambut. Minyak zaitun dapat bekerja memberi pertahanan pada rambut, seperti lotion rambut . Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala,kemudian beri sedikit pijatan supaya meresap ke kulit kepala dan yang terakhir  tutuplah rambut dengan handuk selama 10 menit. Sesuaikan pemakaian minyak zaitun, dengan manfaat kuning telur atau madu sebagai masker, untuk mencegah kerontokan rambut.




10. Melebatkan Pertumbuhan Rambut

Kegunaan minyak zaitun yang lain adalah dapat membantu masalah rambut yang membutuhkan nutrisi untuk melebatkannya. Manfaat alpukat yang dibuat menjadi masker rambut alami, bersama minyak zaitun menjadikan rambut lebat yang luar biasa. Caranya cukup mudah kok, hanya dengan mengoleskan masker pada rambut, kemudian diamkan sebentar hingga meresap lalu di bilas.

Post a Comment for "Manfaat Minyak Zaitun"