Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan. Tanaman lidah buaya memang mempunyai banyak manfaat. Tanaman ini mempunyai banyak bermanfaat seperti merawat rambut, kulit, jerawat, bahkan untuk dijadikan obat alami dibeberapa bagian tubuh manusia. Nama latin dari tanaman lidah buaya adalah  Aloe vera atau Aloe barbadensis Milleer. Lidah buaya berguna untuk penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Karena tanaman lidah buaya ini mempunyai banyak manfaat untuk berbagai keluhan tubuh, sampai sampai bangsa mesir menyebut tanaman ini dengan sebutan tanaman keabadian.


Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

Tanaman lidah buaya mempunyai manfaat untuk tubuh manusia, tanaman ini bisa di gunakan untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit, maka dari itu banyak masyarakat beralih memakai pengobatan alami dan jujga alternative.

Berikut ini adalah beberapa manfaat tanaman lidah buaya di antaranya adalah:

1. Alkalisasi Tubuh

Alkalisasi Tubuh adalah suatu proses yang menjaga keasaman tubuh. Sebenarnya makanan yang kita makan mempunyai kandungan asam. Makanan yang mengandung asam ini idealnya  20 % untuk makanan yang memiliki kadar asam dan 80% untuk  makanan umum yang tidak memiliki kadar asam. Nah makanan lidah buaya adalah  makanan yang bersifat alkali. Dengan meminum jus lidah buaya ini dapat membantu alkalisasi tubuh kita atau menyeimbangkan keasaman makanan yang kita konsumsi.

2. Sistem Imun Tubuh

Sama seperti buah mahoni, jus lidah buaya juga mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas yang ada pada tubuh manusia. Senya yang tidak stabil di sebut juga dengan radikal bebas, hal ini di sebabkan oleh efek samping dari metabilisme dan berkontribusi dalam proses penuaan serta menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Mengkonsumsi jus tanaman ini secara teratur akan membantu tubuh memiliki antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan kita agar lebih tahan terhadap penyakit.


3. Mengeluarkan Racun Tubuh/ detoksifikasi

Jus dari tanaman ini bisa menjadi alternative alami untuk proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh manusia. Cara hidup yang tidk sehat seperti kebiasaan merokok, makan junk food, stress, dan polusi membuat kita membutuhkan ‘pembersihan’ berbagai racun yang terdapat dalam tubuh. Untuk membantu tubuh mengatasai stres dan ketegangan sehari-hari dan meminimalisir racun dalam tubuh bisa di atasi dengan mengkonsumsi jus lidah buaya,karena lidah buaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bisa mengatasi masalah tersebut.

4. Menggurangi Berat Badan

Meminum jus lidah buaya dapat membantu tubuh secara alami untuk membersihkan sistem pencernaan. Di picu dari pola makan yang tidak sehat yang dapat menyebabkan kelainan dalam sistem pencernaan akan dinetralisir oleh jus lidah buaya ini. Pencernaan yang sempurna akan membantu anda menjaga keseimbangan konsumsi dan kelancaran proses buang air besar, selain itu lidah buaya juga dapat mengenyangkan.

5. Kesehatan Kardiovaskular

Masalah jantung dan peredaran darah dalam tubuh tidak terlepas dari kesehatan Kardiovaskular. Sebuah penelitian menunjukan ketika dokter menyuntikan extrak lidah buaya ke dalam darah, kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen akan meningkat dengan drastic.Hal ini karena nutrisi yang terkandung di dalam tanaman ini dapat membantu mengatur tekanan darah kemudian meningkatkan oksidasi darah dan sirkulasi darah menjadi lancer, jug amenurunkan kolesterol dan juga membuat darah lebih encer.

6. Sumber Asam Amino

Setiap manusia membutuh kan 20 asam amino yang berbeda untuk membangun protein dan tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan 8 dari asam amino ini secara mandiri. Karena jus tanaman ini mengandung  7 dari asam amino esensial dan 19 asam amino total, ia mampu dengan mudah memenuhi kebutuhan asam amino sehari-hari tubuh kita.


7. Melawan Peradangan

Jus lidah buaya mempunyai setidaknya 12 zat yang berbeda yang dapat mengurangi dan mencegah peradangan, dan keseluruhan dari zat tersebut tanpa risiko atau efek samping. Tak hanya itu, kegunaan tanaman lidah buaya juga bisa membantu untuk masalah bengkak, kaku atau nyeri sendi
8. Membantu Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang sehat mampu menyerap semua nutrisi yang dimasukkan melalui makanan yang kita konsumsi. Tak hanya mampu mendetoksifikasi secara alami, jus lidah buaya juga dapat meningkatkan penyerapan protein dan meningkatkan keteraturan fungsi usus.
Tanaman lidah buaya juga bermanfaat untuk mengurangi jumlah ragi ramah dan bakteri yang ditemukan dalam usus kita. Ia juga dapat mengurangi masalah pencernaan seperti mulas. Selain itu tanaman lidah buaya juga berguna, vegeta adalah salah satu solusi untuk mengobati sistem pencernaan.

9. Sumber Vitamin dan Mineral
Setiap hari tubuh kita membutuhkan vitamin dan mineral. Nah jus lidah buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa vitamin yang ada di dalam lidah buaya yaitu Vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin E, Niasin, asam folat, kromium, magnesium, mangan, seng, tembaga, potasium, zat besi, sodium, kalsium dan lain-lain.

Baca Juga : Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut dan Kulit

10. Membantu Penderita Diabetes
Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya, yang saat ini marak terjadi karena pola hidup yang tidak sehat. Manfaat lidah buaya diantaranya dapat membantu penderita diabetes. Jus lidah buaya ini dapat membantu mengatur gula darah di dalam tubuh.Mengkonsumsi jus lidah buaya bermanfaat untuk perbaikan kadar glukosa pada pasien penderita diabetes, hal ini di buktikan dengan studi yang sudah di lakukan.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman lidah buaya, semoga artikel ini dapat membantu para pembaca mengenai manfaat lidah buaya untuk kesehatan.
Terimakasih sudah berkunjung.

Post a Comment for "Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan"