Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

TIPS KESEHATAN ALAMI - Buah duku adalah buah yang memiliki bentuk bulat kecil. Buah duku juga bisa dibuat untuk selai. Buah duku yang masih muda memiliki warna kulit hijau, sedangkan untuk buah yang sudah matang memiliki warna kulit yang kekuningan. Buah duku muda memiliki rasa yang asam, sedangkan buah duku yang sudah matang memiliki rasa yang manis. Buah ini biasa di konsumsi sebagai buah pencuci mulut. Tak hanya memiliki rasa yang manis, ternyata buah duku juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja sih manfaat buah duku, mari kita bersama : 


Sumber Antioksidan
Vitamin C tak hanya dimiliki oleh buah jeruk saja, ternyata buah duku juga mengandung vitamin C. Vitamin C ini mengandung antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan Antioksidan ini, tubuh akan terlindung dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi dan juga zat beracun.

Mencegah Penuaan Dini
Buah duku juga memiliki manfaat yaitu mencegah penuaan dini. Penuaan dini dapat terjadi akibat radikal bebas. Diatas sudah di jelaskan bahwa vitamin C yang terkandung didalam buah ini sangatlah efektif untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Fungsi 
vitmain C yang lainnya yaitu juga dapat melindungi protein lipid, asam nukleat, dan karbohidrat dari kerusakan akibat radikal bebas maupun polusi atau racun.

Menguatkan Gigi
Manfaat buah duku yang lainnya adalah untuk menguatkan gigi karena kandungan fosfor yang ada didalamnya. Konsumsilah buah duku agar gigi menjadi kuat dan sehat.

Menjaga Kesehatan Gusi
Vitamin C yang terkandung didalam buah duku ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gusi. konsumsilah buah duku agar gusi menjadi sehat.

Meningkatkan Sistem Imun
Untuk menjaga kekebalan tubuh atau imun tubuh di butuhkan vitamin C. Nah buah duku mengandung vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Agar sistem imun tubuh menjadi kuat, konsumsilah buah duku secara teratur. Dapat juga di konsumsi untuk orang dalam masa penyembuhan.

Menurunkan Berat Badan
Buah duku ternyata juga dapat menurunkan berat badan lho. Buah duku berguna untuk membantu tubuh mendapatkan carnitine. Carnitine ini yang akan bertugas dalam mengarahkan molekul lemak ke jaringan pembakaran lemak. Namun jika tubuh kekurangan molekul lemak maka tubuh akan terasa lelah dan kurang energi.

Buah duku ini dapat dikonsumsi bersama dengan buah apel untuk yang sedang menjalani program diet. Jika carnitine dalam tubuh kita berkurang, maka penimbunan lemak akan terjadi.

Melancarkan Sistem Pencernaan
Buah duku ternyata juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, karena buah duku ini mengandung serat yang sangat tinggi. Tak hanya itu saja,ternyata buah ini juga bermanfaat untuk mencegah kanker pada saluran pencernaan, karena buah ini mengandung kalori, mineral, dan zat besi cukup tinggi bila dibandingkan dengan apel atau jeruk manis.

Menjaga Kesehatan Kulit
Buah duku juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, karena buah ini mengandung vitamin E. Vitamin E sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit seperti mencegah penuaan dini, menghaluskan serta melembutkan kulit, menjaga kelembaban kulit, menjaga kulit dari sinar UV, dan membantu penyembuhan kulit yang luka.

Mengendalikan Kadar Kolesterol
Buah duku juga bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.Untuk anda yang mempunyai penyakit kolesterol, dapat dibantu dengan sering mengkonsumsi buah duku.

Mengatasi Diare dan Demam
Buah duku ternyata juga bermanfaat untuk mengobati diare dan  menurunkan demam tinggi. Caranya adalah silahkan ambil biji buah duku, kemudian tumbuk bijinya sampai halus, kemudian campurkan dengan air dan aduk aduk,silahkan minum satu kali sehari agar diare dan demam teratasi.

Mengusir Nyamuk
Kulit buah duku ternyata juga bermanfaat untuk pengusir nyamuk atau serangga lho. Caranya mudah yaitu hanya dengan membakar kulit buah duku untuk mengusir nyamuk atau serangga.

Pengobatan Masalah Kesehatan Kulit
Buah duku ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit lho, contohnya seperti jerawat dan juga gatal-gatal akibat gigitan serangga. Selain itu, buah ini juga dapat menghaluskan kulit. Caranya cukup mudah, hanya dengan menggosokkan kulit buah duku ke wajah yang berjerawat atau kulit yang gatal-gatal.


Post a Comment for "Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan"