Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Vitamin A Untuk Tubuh Manusia

Manfaat Vitamin A Untuk Tubuh Manusia- Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang larut didalam lemak. Walaupun istilah vitamin A sering dikaitkan pada senyawa retinol, tetapi pada kelompok ini juga terdiri dari beberapa senyawa lain seperti retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Nah untuk rumus kimia pada Vitamin A yaitu C20H30O.


Seperti halnya vitamin vitamin yang lain, vitamin A juga memiliki fungsi dan manfaat untuk tubuh manusia lho, apa saja sih fungsi dan manfaat vitamin A untuk tubuh manusia, mari kita simak :

Manfaat vitamin A untuk tubuh manusia. 


1. Kesehatan Mata


Vitamin A ini juga memiliki peran penting dalam kesehatan mata manusia. Vitamin ini berguna untuk membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata menuju otak sebagai sebuah gambar. Untuk Senyawa yang berperan dalam hal ini adalah retinol.

2. Antioksidan

Vitamin A ini juga banyak dikenal dengan Beta Karoten yaitu senyawa dengan aktifitas antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Tak hanya radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh namun juga polusi dari luar.

3. Sistem Imun

Vitamin A ini berfungsi sebagai sistem inum eksternal yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, virus, bakteri, jamur dan patogen. Jika asupan vitamin A cukup itu berarti kekebalan tubuh kita akan meningkat.


4. Mencegah Kanker


Vitamin A juga berguna untuk melawan kanker, yaitu dengan menekan pertumbuhan DNA dalam sel-sel kanker.


5. Penyembuhan Luka


Vitamin A juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jaringan yang ada di dalam tubuh kita. Hal ini akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka.


6. Pertumbuhan


Vitamin A sangat sangat di butuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan embrio pada janin, dan juga menentukan gen pada proses pembentukan organ-organ perkembangan embrio.


Batasan Konsumsi Vitamin A

Dosis harian: 750 mcg


Gejala kekurangan vitamin A:

Penglihatan berkurang, kulit kering.


Kelebihan vitamin A: 

Telapak tangan dan kelopak mata berwarna kuning.


Makanan sumber vitamin A: 

Hati, wortel, produk susu, ubi merah, labu, mangga, bayam, brokoli, kangkung, keju cheddar, cabai.

Itulah beberapa manfaat vitamin A untuk tubuh manusia, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermannfaat untuk para pembaca, silahkan share artikel ini kepada teman teman atau kerabat anda agar mendapat manfaatnya.
Terimakasih sudah berkunjung.

Post a Comment for "Manfaat Vitamin A Untuk Tubuh Manusia"