Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Vitamin K Untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin K Untuk Kesehatan- Untuk menjaga kesehatan tubuh memang membutuhkan asupan nutrisi dan mineral yang cukup setiap harinya.  Mineral dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, nantinya akan mengoptimalkan kinerja organ tubuh supaya bekerja dengan baik dan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Ada banyak vitamin yang di butuhkan oleh tubuh manusia, dan beberapa vitamin seperti vitamin A, B, C, D, E sudah kita bahas pada artikel sebelumnya. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang manfaat vitamin K untuk kesehatan. Vitamin K ini mempunyai peranan penting untuk kesehatan tubuh manusia. Apa saja manfaat vitamin K, mari kita simak :

# MANFAAT VITAMIN K UNTUK KESEHATAN #

1. Membantu proses pembekuan darah

Vitamin K ini mempunyai manfaat yaitu untuk membantu proses pembekuan darah. Untuk proses pembekuan darah ini memang diperlukan oleh tubuh, apalagi pada saat mengalami luka, entah itu luka sayatan, luka akibat jatuh ataupun luka bekas operasi. Zat besi yang ada di dalam tubuh dapat mempercepat penyembuhan luka. Untuk itu vitamin K memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah. Selain itu vitamin K juga bagus untuk penderita hemophilia.

2. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi dimana tulang mulai mengalami pengeroposan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kandungan mineral, karena mineral sangat di butuhkan untuk membantu menguatkan tulang. Tulang manusia membutuhkan kalsium dan fosfor untuk mencegah osteoporosis, di sini tugas vitamin K ini yaitu untuk membantu mempercepat dan mengoptimalkan penyerapan kalsium dan fosfor, sehingga osteoporosis dapat di cegah.

3. Menjaga kekuatan tulang

Manfaat lain dari vitamin K yaitu untuk menjaga kekuatan tulang tubuh. Dengan bantuan vitamin K maka resiko mengalami gangguan kerusakan tulang seperti osteoporosis akan dapat di cegah. Dengan kekuatan tulang yang selalu terjaga maka kita dapat melakukan aktivitas dengan baik dan optimal.

4. Membantu pertumbuhan tulang

Manfaat selanjutnya dari vitamin K untuk bayi yaitu untuk membantu proses pertumbuhan tulang. Karena vitamin K dapat membantu penyerapan mineral pada bagian tulang, maka vitamin K bisa di bilang sangat penting, apalagi untuk anak-anak yang berada pada masa pertumbuhan, karena untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang serta dapat menambah tinggi badan.

5. Mencegah munculnya diabetes

Vitamin K ternyata juga memiliki manfaat untuk mencegah munculnya diabetes. Karena vitamin K dapat membentuk sistem perlawanan terhadap resistensi insulin. Yanng di maskud dengan resistensi insulin adalah salah satu penyebab munculnya diabetes. Vitamin K juga dapat mempercepat dan mengoptimalkan metabolisme di dalam tubuh. Hal ini bisa mencegah munculnya resistensi insulin yang merupakan penyebab munculnya diabetes.

6. Mencegah Pendarahan pada hati

Untuk anda yang biasa mengonsumsi aspirin, antibiotik dan obat penenang secara berlebihan, wajib berhati hati, karena hal tersebut dapat menyebabkan munculnya pendarahan pada hati atau liver. Pendarah pada hati akan menyebabkan fungsi hati menjadi tidak optimal, hal ini akan berbahaya untuk kesehatan. Oleh karena itu, tubuh kita membutuhkan vitamin K karena dapat mencegah pendarahan tersebut. Vitamin K ini berguna untuk mencegah pendarahan yaitu dengan mempercepat dan memaksimalkan proses pembekuan darah pada tubuh.

7. Mencegah munculnya penyakit kanker

Selain itu vitamin K ini memiliiki manfaat yang baik untuk pencegahan penyakit kanker. Kanker juga termasuk penyakit kronis yang berbahaya dan mematikan. Manfaat dari vitamin K ini yaitu mampu untuk memperlambat proses perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Dengan manfaat vitamin K ini maka proses perkembangan kanker tidak akan cepat menyebar dan lebih cepat untuk ditangani.

# Gejala yang akan terjadi jika kekurangan vitamin K #

Apabila asupan vitamin K dalam sehari mengalami kekurangan, maka ada beberapa gejala yang akan muncul yaitu :

1.Proses pembekuan darah tidak normal
2.Proses penyerapan mineral yang utama pada bagian tulang yang tidak optimal

# Gejala yang akan terjadi jika kelebihan vitamin K #

Tak hanya kekurangan vitamin K saja yang menimbulkan masalah, namun kelebihan vitamin K juga menimbulkan masalah. Gejala gejala yang muncul jika mengalami kelebihan vitamin K :

1.Mual
2.Muntah
3.Anemia, atau kekurangan darah
4.Diare
5.Ruam pada bagian kulit

# Makanan sumber vitamin K #

•Suplemen vitamin K atau suplemen multivitamin
•Kedelai
•Hati
•Asparagus
•Kol
•Brokoli

Itulah beberapa manfaat vitamin K untuk kesehatan, banyak yang belum paham akan pentingnya vitamin untuk kesehatan, Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca, silahkan share ke teman teman atau sahabat anda agar mereka juga dapat mengetahui manfaatnya.
Terimakasih sudah berkunjung. 

Post a Comment for "Manfaat Vitamin K Untuk Kesehatan"