Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Vitamin E Untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin E Untuk Kesehatan- Vitamin E memang sangatlah di butuhkan untuk manusia karena vitamin E juga ikut andil dalam menjaga kesehatan tubuh. Vitamin E yang berada didalam tubuh sangat berpengaruh untuk sistem kekebalan tubuh, kesehatan kulit dan mata. Vitamin E sendiri adalah vitamin yang larut didalam lemak. Pada era modern sekarang ini vitamn E sudah banyak tersedia dalam bentuk suplemen untuk menjaga asupan vitamin E yang dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi perlu di ingat juga, bahwa untuk mencukupi vitamin E menggunakan suplemen pasti tidaklah bagus, karena melalui proses kimiawi, alangkah baiknya jika vitamin E yang di dapatkan berasal dari makanan alami yang kita makan dan memang mengandung vitamin E.


Berikut adalah manfaat vitamin E untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Mengencerkan Darah

Vitamin E sangat bermanfaat untuk mengencerkan darah karena hal ini dapat mencegah terjadinya stroke atau darah membeku. Biasanya di kenal dengan penggumpalan darah. Nah yang di maksud dari mengencerkan darah yaitu untuk membantu mencegah pengerasan pembuluh darah, serangan jantung, nyeri dada, sakit kaki karena penyumbatan pembuluh darah, dan tekanan darah tinggi.

2. Mengobati Diabetes dan Komplikasinya

Manfaat vitamin E yang lain juga dipercaya sebagai obat diabetes juga berbagai komplikasi yang disebabkan oleh penyakit diabetes.

3. Mencegah Kanker

Vitamin E yang selanjutnya yaitu untuk mencegah terjadinya kanker, yang paling utama yaitu kanker paru-paru, kanker mulut untuk para perokok, dan kanker kolorektal dan polip, lambung, prostat, dan kanker pankreas. Vitamin E ini bertugas melindungi sel dan DNA dari kerusakan yang dapat berubah menjadi kanker. Perkembangan tumor juga dapat di cegah dengan adanya vitamin E, tak hanya itu saja, vitamin E juga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mencegah zat prakanker yang berubah menjadi karsinogen. Untuk vitamin E yang dioleskan pada kulit dapat membantu mencegah kanker kulit yang di sebabkan oleh paparan radiasi ultraviolet.

4. Mengobati Penyakit Syaraf dan Otak

Vitamin E ini juga bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit otak dan sistem saraf termasuk penyakit Alzheimer, demensia, penyakit Parkinson, kram malam, dan untuk epilepsi, bersama dengan bantuan obat lain. Vitamin E ini juga digunakan untuk chorea Huntington dan gangguan lain yang melibatkan saraf dan otot.

5. Melawan Efek Negatif Penggunaan Obat Obatan

Vitamin E ini bermanfaat untuk mengurangi efek berbahaya dari pengobatan medis seperti dialisis dan radiasi. Selain itu, vitamin E juga bisa mengurangi efek samping yang di hasilkan dari obat-obatan kimia seperti rambut rontok pada orang yang memakai doxorubicin dan kerusakan paru-paru pada orang yang memakai amiodarone.

6. Menjaga Ketahanan Tubuh

Untuk menjaga ketahanan tubuh di perlukan dengan adanya vitamin E. Tak hanya itu saja, vitamin E juga berguna untuk mengurangi kerusakan otot setelah latihan, dan juga meningkatkan kekuatan otot.

# MANFAAT VITAMIN E UNTUK MENCEGAH DAN MENYEMBUHKAN PENYAKIT #

Vitamin E memang mempunyai banyak manfaat, selain untuk kesehatan tubuh vitamin E juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam keluhan penyakit seperti :

-Katarak
-Asma
-Infeksi pernafasan
-Gangguan kulit
-Penuaan kulit
-Sunburns
-Cystic fibrosis
-Infertilitas
-Impotensi
-Sindrom kelelahan kronis (CFS)
-Tukak lambung
-Penyakit keturunan
-Mencegah alergi.

# MANFAAT VITAMIN E UNTUK MENGATASI MASALAH KEWANITAAN #

Tak hanya itu saja, ternyata vitamin E juga berperan penting untuk kesehatan wanita, berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari vitamin E. Apa saja sih manfaatnya, mari kita simak :

-Mencegah komplikasi pada kehamilan karena tekanan darah tinggi (pre-eklampsia)
-Sindrom pramenstruasi (PMS)
-Sindrom menopause
-Hot flashes terkait dengan kanker payudara
-Kista payudara.

# MAKANAN SUMBER VITAMIN E #

Berikut ini adalah beberapa makanan yang mempunyai kandungan vitamin E yang sangat mudah kita temukan sehari hari.

•Minyak sayur
•Sereal
•Daging
•Unggas
•Telur
•Buah-buahan
•Sayuran
•Minyak gandum
•Brokoli
•Bayam

Itulah beberapa manfaat vitamin E untuk kesehatan, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca, silahkan share ke teman teman atau sahabat kamu agar mereka juga mendapatkan manfaatnya.
Terimakasih sudah berkunjung.

Post a Comment for "Manfaat Vitamin E Untuk Kesehatan"