Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Tubuh- Tubuh manusia memang membutuhkan berbagai jenis vitamin seperti A, B, C, D, E, K. Masing masing vitamin tersebut memiliki peranan penting untuk tubuh manusia. Berbagai vitamin tersebut sebagian besar terkandung di dalam makanan seperti sayur mayur dan buah buahan. Sebenarnya semua vitamin tersebut sangatlah di butuhkan oleh tubuh manusia, namun dalam artikel kali ini akan membahas tentang beberapa manfaat dari vitamin D.


Secara umum vitamin D berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi mansia agar lebih baik dan kuat. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D yaitu seperti ikan tuna, tomat, biji bunga matahari, minyak ikan, brokoli, dan sayuran hijau lainnya. Sinar matahari pagi juga termasuk mengandung vitamin D yang sangat dibutuhkan tubuh kita, karena sinar matahari pagi baik untuk pertumbuhan tulang terutama untuk anak batita. Namun perlu di ingat, jangan sampai menjemur di atas jam 8 karena sengatan matahari sudah mulai panas. Untuk menjemur balita cukup sekitar 30 menit saja dan jangan terlalu lama karena fungsi kulitnya belum sempurna.

Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Vitamin D memiliki kandungan molekul aktif yang disebut kalsitriol. Ini berfungsi untuk metabolisme tubuh yang mana membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang dan otot. Selain itu kalsitriol berfungsi sebagai immuno modulator yang membantu menjaga kekebalan tubuh manusia. Oleh karena itu agar selalu sehat dan tidak sakit-sakitan, maka sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti sayuran hijau dan buah-buahan. Ini bertujuan agar tubuh selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Beberapa penyakit seperti demam, flu, pilek, sakit kepala, maupun masuk angin akan jarang menyerang tubuh Anda karena sudah terlindungi oleh vitamin D dalam tubuh.

2. Mencegah Kanker Payudara

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D ternyata dapat menghambat sel sel kanker agar tidak berkembang. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D maka hal ini akan dapat mencegah dan terhindar dari penyakit kanker payudara yang sangat berbahaya. Sumber vitamin D bisa didapatkan dari berbagai makanan alami seperti sayuran hijau dan buah-buahan yang mudah ditemui di sekitar kita. Bisa juga dengan mengkonsumsi suplemen vitamin D yang bias di temukan di apotik atau toko obat di sekitar tempat tinggal anda, namun harus berkonsultasi dulu pada dokter agar lebih aman.

3. Meremajakan Kulit

Manfaat lain dari vitamin D yaitu membantu meremajakan sel-sel kulit tubuh. Dengan bantuan vitamin D ini maka kulit tubuh akan lebih sehat dan terlihat segar. Apalagi untuk vitamin D2 dan D3 yang dapat mencegah gangguan pada kulit seperti psoriasis. Vitamin ini biasa sebagai campuran dalam pembuatan produk perawatan dan kecantikan tubuh. Oleh karena itu, saat membeli produk-produk kecantikan kulit, sebaiknya di cek terlebih dahulu, apakah mengandung vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kulit tubuh Anda atau tidak.

4. Mengobati Penyakit Osteomalacia

Osteomalacia sendiri adalah penyakit yang dapat ditemui pada jaringan manusia. Sebab utama dari penyakit ini yaitu proses pembentukan lapisan mineral pada tulang manusia tidak berfungsi dengan normal. Tulang baru terbentuk tapi tidak ada lapisan yang mendukungnya, sehingga tulang menjadi lunak serta mudah retak dan patah. Osteomalacia biasa menyerang orang dewasa seperti halya penyakit osteoporosis pada orang lanjut usia. Untuk pencegahan penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi makanan dan suplemen vitamin D. Namun untuk suplemen vitamin D atas harus dengan petunjuk dokter. Manfaat sinar matahari pagi juga membantu untuk menyembuhkan osteomalacia.

5. Mencegah Rakhitis Pada Anak Anak

Pada usia anak anak susunan tulang sedang tumbuh dan berkembang. Di usia ini sangat perlu diperhatikan asupan berbagai makanan yang dikonsumsi anak-anak. Makanan yang sehat terdapat pada makanan seperti sayuran dan vitamin. Vitamin D ini sangat dibutuhkan bagi anak-anak dalam masa tumbuh kembangnya. Karena jika anak-anak kurang asupan vitamin D maka akan menyebabkan rakhitis. Rakhitis adalah tulang yang tidak keras dan tidak kokoh karena kekurangan mineral di dalamnya, sehingga mudah patah dan rapun. Maka dari itu, berilah asupan sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin D, perlu juga dijemur di bawah sinar matahari pagi untuk pertumbuhan tulangnya.

6. Mencegah Osteoporosis

Asupan vitamin D dalam jumlah banyak perlu di berikan kepada orang yang sudah lanjut usia. Karena jika usia orang semakin tua itu berarti semakin menurun fungsi dan kandungan mineral dan vitamin di dalam tubuhnya. Maka dari itu para manula perlu diberikan asupan vitamin D yang bersumber dari makanan maupun suplemen. Tak hanya itu, bantuan dari sinar matahari di pagi hari juga sangat membantu dalam menjaga tulang pada orang yang sudah lanjut usia. 

Vitamin D ini akan diproses oleh tubuh ketika mendapatkan sinar matahari, berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung vitamin D :

•Ikan tuna, mackerel, dan ikan salmon
•Susu dan jus jeruk
•Susu kedelai
•Sereal
•Hati sapi
•Keju
•Kuning Telur
Itulah beberapa manfaat vitamin D untuk kesehatan tubuh, agar selalu sehat dan bugar, di anjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca, silahkan share artikel ini kepada teman dan juga sahabat anda agar mereka mendapatkan manfaatnya.
Terimakasih sudah berkunjung. 

Post a Comment for "Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan"