Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Vitamin B Untuk Tubuh

Manfaat Vitamin B Untuk Tubuh- Tubuh manusia membutuhkan vitamin, salah satunya yaitu Vitamin B. Vitamin B ini memiliki peranan penting pada tubuh yaitu untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan dan juga membantu fungsi tubuh lainnya. Oleh karena vitamin B memiliki peranan penting untuk tubuh, maka dianjurkan untuk selalu menyertaka vitamin B dalam menu makan sehari hari.


Jenis-Jenis Vitamin B dan Manfaatnya

Ada sekitar 8 jenis vitamin B yaitu :

-Vitamin B1 atau disebut Thiamine
-Vitamin B2 atau Riboflavin
-Vitamin B3 atau Niacin
-Vitamin B5 atau Pantothenic Acid
-Vitamin B6 atau disebut Pyridoxine
-Vitamin B7 atau Biotin
-Vitamin B9 atau Folic Acid
-Vitamin B12 atau Cobalamin

Apabila semua vitamin B digabungkan, maka dinamakan Vitamin B Kompleks. Berikut ini adalah manfaat dari berbagai macam jenis vitamin B.

1. Vitamin B1 atau Thiamine

Vitamin B1 atau thiamine ini bermanfaat untuk menjaga sistem saraf  agar tetap sehat. Tak hanya itu saja vitamin B1 juga diperlukan untuk mengubah makanan yang anda konsumsi menjadi energi. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B1 seperti susu, daging sapi, telur, buah-buahan segar dan kering, roti dari biji-bijian utuh, serta sayuran seperti kacang polong. Untuk pria membutuhkan asupan vitamin B1 sebanyak 1 mg setiap harinya, sementara untuk wanita yaitu 0,8 mg. Jumlah tersebut mudah didapatkan dari makanan sehari-hari, sehingga biasanya tidak perlu mengonsumsi suplemen tambahan.

2. Vitamin B2 atau Riboflavin

Manfaat dari vitamin B2 yaitu dapat menjaga kulit dan mata agar tetap sehat. Konsumsi vitamin B2 yang disarankan untuk yaitu sebanyak 1,3 mg perhari untuk pria dan 1,1 mg perhari untuk wanita. Selain itu Vitamin B2 juga memiliki manfaat yang lain yaitu untuk menjaga sistem saraf agar tetap sehat, dan membantu mencerna karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan.
Beberapa makanan yang mengandung vitamin B2 yaitu ikan, susu, telur, sayur mayur atau nasi. Perlu dingat, agar selalu menjauhkan makanan-makanan tersebut dari paparan sinar matahari langsung, karena dapat merusak kandungan vitamin B2 di dalamnya.

3. Vitamin B3 atau Niacin

Vitamin B3 bermanfaat untuk menjaga sistem saraf agar tetap bekerja dengan baik, dan juga menjaga kesehatan kulit juga mengubah makanan menjadi sumber energi. Sumber vitamin B3 bisa di dapatkan dari kacang-kacangan, susu, ikan, telur, daging sapi, dan daging ayam. Untuk kebutuhan vitamin B3 harian adalah 17 mg untuk pria dan 13 mg untuk wanita.

4. Vitamin B5 atau Pantothenic Acid

Vitamin B5 bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tubuh dan juga berperan penting dalam memproduksi hormon. Tak hanya itu saja vitamin B5 juga berperan dalam mengubah makanan yang anda konsumsi menjadi energi. Sumber vitamin B5 bisa di dapatkan dari daging sapi, daging ayam, telur, kentang, tomat, brokoli, dan nasi merah.

5. Vitamin B6 atau Pyridoxine

Vitamin B6 ini memiliki manfaat yaitu membantu membentuk hemoglobin yang mengedarkan oksigen dalam darah ke seluruh bagian tubuh manusia. Vitamin B6 juga berguna untuk mengubah protein dan karbohidrat dari makanan menjadi energi. Vitamin B6 juga bermanfaat untuk menjaga sistem saraf, pencernaan, kardiovaskular, otot, dan beberapa bagian dari sistem imun di tubuh. Vitamin B6 bisa di peroleh dari makanan seperti sayur-sayuran, kacang, telur, daging ayam, ikan, susu, kentang, pisang, atau kacang panjang. Kebutuhan vitamin B6 harian adalah 1,4 mg untuk pria dan 1,2 mg untuk wanita.

6. Vitamin B7 atau Biotin

Vitamin B7 berfungsi untuk memecah karbohidrat dan lemak menjadi asam lemak dan glukosa untuk diubah menjadi tenaga bagi tubuh. Vitamin B7 ini bisa di peroleh dari makanan seperti ikan salmon, hati, sereal, pisang, wortel, dan kembang kol.

7. Vitamin B9 atau Folic Acid

Bersama vitamin B12 vitamin B9 mempunyai tugas penting dalam memproduksi sel darah merah yang sehat. Tak hanya itu saja, vitamin B9 juga membantu sel-sel tubuh dalam memproduksi dan menjaga DNA. Nah manfaat vitamin B9 untuk wanita hamil yaitu dapat menurunkan risiko cacat pada bayi dalam kandungan yaitu cacat sistem saraf pusat, seperti spina bifida.

Untuk takaran vitamin B9 yang dibutuhkan dalam sehari adalah 0,2 mg. Kemudian bagi ibu hamil atau yang berencana hamil, sebaiknya anda mengonsumsi suplemen vitamin B9 sebanyak 0,4 mg per hari. Kemudian untuk orang yang pernah terkena spina bifida, sebaiknya mengonsumsi vitamin B9 sebanyak 5 mg perhari. Konsumsilah suplemen ini sejak anda berhenti menggunakan kontrasepsi hingga usia kandungan setidaknya 3 bulan.

Vitamin B9 bisa di dapatkan dari kacang, bayam, brokoli, kacang polong, dan buah-buahan sitrus (lemon, jeruk nipis, dan jeruk mandarin).

8. Vitamin B12 atau Cobalamin

Vitamin B12 memiliki peranan penting untuk memproduksi sel darah merah, memproses vitamin B9, kemudian mengubah makanan menjadi energi, dan juga menjaga sistem saraf tubuh agar tetap sehat. Untuk vitamin vitamin B12 ini dapat di peroleh dari ikan salmon, daging, telur, susu, dan keju. Untuk asupan yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah sebanyak 0,0015 mg per hari.

Tetapi perlu ingat juga, walaupun vitamin B bermanfaat untuk tubuh, untuk mengonsumsinya juga tetap harus sesuai dengan takaran harian yang ditentukan. Karena apabila vitamin B dikonsumsi secara berlebihan maka akibatnya dapat berdampak negatif terhadap tubuh.

Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin B

Tak hanya kelebihan vitamin B saja yang bisa berdampak buruk bagi tubuh namun kekurangan vitamin B pun bisa berdampak buruk. Apabila tubuh kekurangan vitamin B, maka akibatnya bisa menimbulkan berbagai kondisi, seperti :

-Anemia.
-Mudah lelah.
-Nafsu makan berkurang.
-Melemahnya sistem kekebalan tubuh.
-Kulit kering.
-Mati rasa dan kesemutan pada lengan dan kaki.
-Kram otot.
-Penyakit beri-beri.
-Rambut mengalami kerontokan.
-Depresi.

Apabila wanita hamil kekurangan vitamin B maka akan berisiko terhadap kesehatan diri juga bayi yang sedang di kandunng, dan berisiko lahir cacat yang sangat mengganggu masa pertumbuhannya. Supaya mendapatkan manfaat dari vitamin B secara maksimal, maka harus menerapkan pola makan yang baik dengan gizi seimbang, yang juga mengandung berbagai vitamin dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Post a Comment for "Manfaat Vitamin B Untuk Tubuh"