Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan- Siapa yang tak mengenal buah mangga? Mangga memiliki daging yang sangat tebal, nah selain memiliki rasa yang manis, buah mangga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho. Itu karena buah mangga mempunyai kandungan vitamin seperti gula, serat alami, karbohidrat, lemak, protein, zat besi, kalsiun, vitamin A, vitamin C, yang di butuhkan untuk tubuh kita.


Beberapa Manfaat Buah Mangga untuk kesehatan

1. Pencegahan Degenerasi Makula

Zat antioksidan zeaxanthin yang terdapat di dalam mangga berfungsi untuk menyaring sinar cahaya biru, yang diperkirakan akan memainkan peran protektif dalam kesehatan mata dan mungkin menangkal kerusakan dari degenerasi makula. Untuk mencegah resiko dan perkembangan degenerasi makula terkait usia dapat di atasi dengan mengkonsumsi buah buahan seperti buah mangga ini.

2. Membantu Pencernaan

Mangga juga memiliki enzim yang dapat menghancurkan kandungan lemak dan protein pada makanan yang di konsumsi. Serat yang ada di dalam mangga berguna untuk melancarkan pencernaan dan juga metabolisme tubuh.

3. Zat Besi Tinggi Untuk Wanita

Mangga mengandung zat besi sehingga dapat menjadi solusi alami bagi orang yang menderita anemia. Tak hanya itu, buah mangga juga baik untuk wanita menopause atau sedang hamil, karena mangga akan meningkatkan kadar zat besi mereka dan kalsium pada waktu yang sama.

4. Pencegahan Asma

Resiko asma akan mennjadi rendah dengan mengkonsumsi buah mangga. Hal ini juga akan terjadi pada orang yang mengkonsumsi jumlah tinggi nutrisi tertentu

5. Menjaga Kadar Kolesterol

Buah mangga juga memiliki manfaat seperti jambu biji, karena mangga juga mengandung vitamin C tingkat tinggi, pektin dan serat akan membantu menurunkan kadar kolesterol. Kalium adalah komponen penting dari sel dan juga cairan tubuh yang bertugas mengontrol detak jantung dan tekanan darah hal ini bisa didapat dari buah mangga segar


6. Mengurangi Diabetes

Buah mangga mempunnyai indeks glikemik rendah (41-60) mengkonsumsi buah mangga dalam jumlah yang agak banyak tidak akan meningkatkan kadar gula. Tak hanya buahnya saja, ternyata daun mangga sehat juga lho. Untuk penderita diabetes, cukup dengan merebus 5-6 daun mangga kemudian meminumnya pada pagi hari setelah disaring dahulu hal ini akan membantu dalam mengatur kadar insulin.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Serat, kalium dan vitamin merupakan kandungan di dalam mangga yang keseluruhannya akan membantu menangkal penyakit jantung. Untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular di butuhkan asupan kalium yang tinggi disertai dengan menurunnya asupan natrium dan juga pola makan yang sehat.

8. Antioksidan dan Pencegahan Kanker

Antioksidan dan senyawa yang terkandung dalam buah mangga ini cukup efektif untuk mencegah serangan kanker yang biasanya datang dari banyaknya zat oksidasi yang dihasilkan oleh tubuh. Antioksidan yang terdapat pada mangga berperan aktif mencegah kanker beberapa diantaranya yaitu quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat

9. Pengobatan Panas Dalam

Mangga bermanfaat juga untuk mengatasi panas dalam, matahari yang terik dapat menyebabkan kelelahan otot dan masalah diuretik. Hawa panas dari sengatan matahari dapat menyebabkan ginjal mengalami kelebihan beban dalam menetralkan racun. Di saat inilah pendinginan tubuh di perlukan, nah hal ini dapat memanfaatkan dengan mengkonsumsi jus mangga.

10. Menormalkan Kadar Insulin

Daun mangga juga bermanfaat untuk membantu menormalkan kadar insulin dalam darah. Karena buah mangga memiliki indeks glikemik yang relatif rendah (41-60) maka mengkosumsi mangga tidak berbahaya bagi kadar gula Anda.

11. Meningkatkan Kekebalan Dan Daya Tahan Tubuh

Untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan kuat maka di butuhkan vitamin C dan vitamin A yang cukup dan juga ditambah 25 jenis karotenoid hal ini dapat di temukan didalam buah mangga .

Itulah beberapa manfaat buah mangga untuk kesehatan, tidak salah jika menjadikan buah mangga sebagai salah satu menu harian anda, karena memang manfaatnya banyak sekali. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan membantu untuk mencari alternative pengobatan bagi penyakit.

Post a Comment for "Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan"