Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

10 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan- Alpukat memang buah yang luar biasa, tak hanya mempunyai rasa yang lezat namun ia juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ada sebagian pendapat jika makan alpukat itu buruk karena banyak mengandung lemak, tetapi sebenarnya pada kenyataanya itu tidaklah demikian. Untuk membantu kita agar merasa kenyang lebih lama dapat di lakukan dengan cara memakan buah alpukat, nah selain itu juga bermanfaat untuk membantu mengontrol kelebihan berat badan.


Nah berikut ini adalah beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan : 

1. Bermanfaat untuk wanita hamil 

Buah Alpukat ini adalah sumber alami folat, nah folat ini adalah sangat penting untuk perkembangan janin agar selalu sehat. Asam folat memang selalu direkomendasikan untuk semua wanita yang berencana ingin hamil, maka dari itu makan buah alpukat adalah pilihan yang lebih sederhana, enak dan alami untuk mendapatkan folat alami.

2. Alpukat mengandung lemak baik

Banyak mungkin yang sudah pernah mendengar bahwa alpukat mempunyai kandungan lemak yang tinggi. Hal ini memang benar adanya, tetapi lemak tinggi pada alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal atau bisa di sebut dengan lemak baik, yang akan membantu menjaga kesehatan jantung, dan membantu untuk menurunkan tekanan darah. Lemak tak jenuh tunggal atau lemak baik yang terkandung pada buah alpukat bermanfaat untuk membalikkan resistensi insulin yang dapat memicu pada diabetes tipe 2.

3. Sumber vitamin E tinggi

Buah alpukat memang mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin E ini penting untuk membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Vitamin E juga mempunyai peran positif untuk penyakit jantung, stroke, pencegahan kanker, dan pengembangan katarak, dan banyak diklaim memiliki sifat antipenuaan.

4. Sumber serat

Serat yag terkandung di dalam buah alpukat ini berfungsi untuk membantu mengurangi kadar kolesterol dengan cara mencegah penyerapan kembali oleh tubuh, juga dapat membantu mempertahankan fungsi usus,  dan dapat mencegah lonjakan gula darah setelah makan. 

5. Lebih sehat dan bebas residu insektisida

Sampai dengan saat ini belum ada tanaman alpukat yang direkayasa secara genetika. Buah alpukat ini mempunyai kulit yang tebal, hal ini akan melindungi inti buah dari pestisida. Oleh karena itu buah alpukat bisa dikatakan sebagai buah organik


6. Alpukat adalah makanan bagi otak

Salah satu makanan otak yang sehat dan terbaik ini adalah buah alpukat, karena mengkonsumsi buah alpukat dapat membantu mengurangi risiko terkena Alzheimer. Omega 3 serta vitamin E alami yang terkandung didalam alpukat telah terbukti secara klinis mampu menghentikan laju penyakit Alzheimer, dan juga mungkin bisa mengembalikan ke tahap sangat awal.

7. Membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik

Buah alpukat ditemukan dapat meningkatkan jumlah karotenoid. Nah karotenoid ini adalah termasuk beta karoten dan likopen, yang merupakan nutrisi penting bagi kesehatan agar lebih baik. Nutrisi dan enzim yang ada didalam alpukat berfungsi untuk mengurangi peradangan lambung dan peradangan pada lapisan mukosa usus halus. Jadi Anda tidak hanya mendapatkan tenaga listrik dari nutrisi yang terkandung dalam alpukat, Anda juga akan mendapatkan manfaat yang lebih besar dari makanan yang Anda pilih untuk dimakan bersama alpukat

8. Dapat membantu mencegah stroke

Buah alpukat memiliki kandungan folat yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke. Orang yang sering mengkonsumsi makanan yang mengandung folat tinggi, lebih sedikit terkena serangan stroke, maka dari itu di anjurkan untuk memakan makanan yang mengadung folat agar terhindar dari stroke.

9. Menurunkan kolesterol

Memakan alpukat selama satu minggu dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 17%. Hal ini di perkuat oleh para peneliti yang mempercayai hal ini disebabkan oleh beta sitosterol yang sebelumnya telah ditemukan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol

10. Melindungi kesehatan mata

Buah alpukat dapat meningkatkan asupan Lutein yang akan melindungi dari degenerasi makula dan pembentukan katarak. Sebenarnnya penelitian lebih lanjut masih sangat diperlukan untuk menentukan dengan tepat, apa sebenarnya yang dapat membantu melindungi kesehatan mata dari alpukat.

Itulah beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan, masih banyak lagi tentang manfaat buah buah yang lainnya nanti akan kita bahas di artikel selanjutnya. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca.
Terimakasih sudah berkunjung.


Post a Comment for "10 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan"