Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Munculnya Komedo Pada Wajah

Penyebab Munculnya Komedo Pada Wajah-Walaupun komedo berukuran kecil, namun hal ini kerap mengganggu penampilan, karenanya sumbatan sebum ini akan membuat kulit terlihat kusam dan juga berminyak. Apabila komedo diabaikan, maka lambat laun akan berubah menjadi jerawat atau acne vulgaris. Walaupun komedo bukan penyakit berbahaya, tetapi hal tersebut akan mengurangi tingkat kepercayaan diri kamu. Penyebab munculnya komedo pada wajah terjadi ketika ada sumbatan sebum pada pori-pori kulit yang terdapat folikel rambut yang memiliki bentuk seperti bintik kecil dengan warna gelap atau putih. Apabila dipencet biasanya terasa sakit dan juga mengeluarkan nanah.


Komedo muncul dengan bermacam-macam sebab; mulai dari masalah hormonal sampai gaya hidup. Nah berikut ini adalah lima penyebab utama munculnya bintik kecil yang di sebut komedo.

1. Sindrom Pramenstruasi (PMS)
Jika sudah mulai menstruasi, maka produksi hormon estrogen dan progesteron akan berkurang. Tapi untuk hormon androgen akan menjadi dominan sehingga merangsang aktivitas kelenjar sebum. Hal inilah yang menyebabkan munculnya komedo secara bertahap.
2. Mengonsumsi Makanan Berlemak


Komedo juga dapat munul akibat pola makan sehari-hari. Banyak mengonsumsi makanan berlemak akan meningkatkan produksi minyak dalam tubuh. Beberapa contoh makanan yang mengandung lemak yang biasa ditemui sehari-hari, antara lain gorengan, cokelat, dan keju.
3. Malas Mencuci Wajah


Bebas dari sumbatan sebum, bukan berarti terhindar dari komedo. Kotoran juga debu yang menempel pada kulit pun bisa menjadi penyebabnya. Terutama untuk kamu yang tidak pernah mencuci wajah, pori-pori wajah pun pasti tersumbat.
4. Produksi Sebum yang Berlebihan
Semua pria dan wanita pasti memiliki hormon androgen. Apabila jumlahnya berlebihan, maka secara otomatis produksi sebum juga akan meningkat. Nah hal ini memicu penyumbatan pada folikel rambut di bawah kulit sehingga muncul komedo.
5. Penggunaan Kosmetik

Untuk kamu yang suka memakai kosmetik, kamu harus lebih hati-hati; Peralatan seperti penggunaan beberapa jenis alat rias bisa memicu munculnya komedo. Semisal, menggunakan foundation, bedak, serta pelembap yang terlalu tebal. Jika pemakaian kosmetik menjadi kebutuhan, imbangi dengan mencuci wajah secara rutin. Pastikan, Anda tidak tidur dalam keadaan wajah kotor atau penuh riasan.

Post a Comment for "Penyebab Munculnya Komedo Pada Wajah"