Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Penyebab Utama Datangnya Ketombe

5 Penyebab Utama Datangnya Ketombe - Ketombe adalah kulit kepala yang mati dan mengering sampai terkelupas. Banyak orang yang mengalami ketombe. Walaupun hanya kelihatan seperti tepung yang turun terus menerus, tapi bagi sebagian orang ini akan mengurangi tingkat kepercayaan diri, karena ketombe akan mengotori baju yang di pakainya apalagi jika baju yang di pakai berwarna hitam, pasti akan kelihatan sekai. Banyak orang yang sudah mencoba menggunakan shampo untuk mengatasi ketombe, tapi bukannya hilang  malahan tambah parah, ada juga yang hilang tapi kembali lagi.


Penyebab datangnya ketombe memang bermacam-macam, mulai dari kulit kepala yang kering sampai produk shampoo yang tidak cocok dengan kulit kepala. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penyebab ketombe di bawah ini.

5 Penyebab Utama Datangnya Ketombe :

1. Jarang Keramas.

Salah satu penyebab ketombe adalah jarangnya mencuci rambut atau keramas, karena jika jarang keramas maka kulit kepala yang mati dan kering menumpuk.

2. Sering Keramas.

Ternyata terlalu sering keramas atau mencuci rambut juga tidak bagus untuk kulit kepala lho, karena akan membuat rambut tidak memiliki waktu untuk memproduksi minyak rambut alami agar kulit kepala tidak kering dan berketombe.

3. Kulit Kering.

Kulit kering adalah masalah paling umum yang menjadi penyebab utama datangnya ketombe. Kulit kering juga tak hanya terjadi pada kulit kepala saja, tapi bisa juga terjadi pada kulit tangan dan kaki.

4. Produk Shampoo dan Conditioner.

Penggunaan shampo dan conditioner yang tidak cocok dengan kulit kepala juga menjadi salah satu penyebab datangnya ketombe. Maka dari itu pilihlah produk shampoo dan conditioner yang tepat untuk kulit kepala juga termasuk dalam faktor penting agar kulit kepala tidak berketombe.

5. Infeksi Jamur Malassezia.

Jamur malassezia adalah jamur yang biasa hidup di kulit kepala dan tidak berakibat penting pada kulit kepala. Tetapi jika berlebihan, jamur ini akan menyebabkan iritasi kulit kepala sampai menyebabkan ketombe.

Nah itulah beberapa penyebab utama datangnya ketombe. Sebenarnya masih banyak lagi faktor faktor lain yang dapat menyebabkan ketomba datang pada kulit kepala. Maka dari itu, agar terhindar dari masalah ketombe, maka jagalah kulit kepala anda agar tetap sehat. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat utuk para pembaca dan terimaksih sudah mampir kesini.


Post a Comment for " 5 Penyebab Utama Datangnya Ketombe"