Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Mengobati Jerawat

TIPS KESEHATAN ALAMI - Temulawak adalah tumbuhan yang mempunyai nama latin yaitu Curcumin Xanthorriza. Temulawak banyak di kenal sebagai bahan alami dalam pembuatan jamu. Tumbuhan ini memiliki bentuk yang unik karena daunnya yang menyatu dengan batangnya. Temulawak ini biasa tumbuh secara liar tanpa di tanam. Tumbuhan ini mengandung kimia herbal seperti karbohidrat, kurkumin dan juga minyak astiri. Manfaat dari tumbuhan ini yang paling populer dari adalah penambah nafsu makan. Makanya banyak dari jamu penambah nafsu makan untuk anak yang menggunakan komposisi dari temulawak, karena temulawak mengandung kurkuma.




Membuat jamu untuk anak dari bahan temulawak dapat kita olah sendiri lho, Caranya yaitu :


- Siapkan 25 gram temulawak dan
- Tumbuk cukup sampai memar saja
- Masukkan kedalam 600 ml air
- Rebus bersama 10 gram asam jawa dan gula merah sesuai selera untuk menambah rasa
- Tunggu sampai mendidih
- Jika sudah mendidih, saring airnya dan tunggu sampai dingin sebelum di konsumsi.


Mengobati Maag
Manfaat lain dari tumbuhan temulawak yaitu untuk mengobati penyakit maag. Caranya tidak berbeda jauh dengan membuat jamu untuk menambah nafsu makan, yaitu dengan merebus temu lawak yang telah dimemarkan. Hanya di sini tidak usah mencampurnya dengan asam jawa dan gula merah jika anda ingin menjadikan temulawak sebagai obat maag. Untuk menambah rasa anda dapat menambahkan madu saat air temulawak siap diminum. Konsumsi satu gelas setiap hari untuk hasil yang maksimal.


Menjaga Organ Hati
Temulawak juga berkhasiat untuk menjaga organ hati. Temulawak dapat menjadi hepatoprotektor atau zat yang bisa melindungi organ hati dari racun. Untuk mengolahnya anda cukup memarut temulawak kemudian mencampurkan sedikit air, kemudian peras ampas temulawak untuk mendapatkan air sarinya. Campurkan air perasan temulawak dengan 400 ml air putih kemudian didihkan dan minumlah airnya setelah dingin.


Menambah Produksi Asi
Temulawak bermanfaat untuk memperbanyak ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Caranya yaitu parutlah temulawak sampai benar-benar halus kemudian saring untuk mendapatkan sarinya. Kemudian campur air sari temulawak dengan tepung sagu kemudian tuangkan air panas secukupnya sampai terlihat seperti bubur. Tambahlah gula merah pada bubur temulawak ini agar memiliki rasa. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Mengobati Sakit Ginjal
Temulawak juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit gangguan ginjal. Untuk membuat ramuan ini caranya campurkan temulawak dengan 1 genggam daun kacabeling segar, cuci semua bahan kemudian langsung masukkan kedalam 1 liter air dan rebus sampai mendidih, tambahkan gula merah untuk menambah rasa. Kemudian biarkan dingin lalu minumlah air tersebut secara teratur.


Mengobati Jerawat
Temulawak juga dapat mengatasi masalah jerawat. Caranya untuk mengolah temulawak sebagai obat jerawat yaitu hanya dengan merebus temulawak yang sudah dimemarkan bersama dengan 4 gelas air putih. Jika sudah mendidih, dinginkan air rebusan tersebut, kemudian minumlah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsilah ramuan temulawak ini secara rutin sebanyak dua kali setiap harinya.






Post a Comment for "Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Mengobati Jerawat"