Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut dan Kulit

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut dan Kulit. Lidah buaya memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, banyak orang yang tau akan khasiat tanaman lidah buaya ini. Manfaat yang paling populer di Indonesia untuk tanaman lidah buaya ini adalah untuk membantu merawat rambut dan kulit, biasanya kita sering menemukan ini pada manfaat vitamin e.


1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Manfaat tanaman lidah buaya untuk rambut rontok sebenarnya telah digunakan semenjak zaman Mesir kuno. Tanaman ini mengandung enzim yang secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut tampil sehat. Enzim proteolitik yang terdapat dalam lidah buaya mampu membasmi sel-sel kulit mati di kulit kepala yang bisa menyumbat folikel rambut dan menyebabkan sulit tumbuh dan mendapatkan nutrisi.


Untuk menghilangkan atau memecah sebum dan sel mati yang terdapat pada kulit kepala bisa dengan menggunakan tanaman lidah buaya, lidah buaya juga bermanfaat untuk pertumbuhan rambut lebih lanjut. Lidah buaya yang bersifat alkalizing dapat membantu membawa kulit kepala dan PH rambut ke tingkat yang lebih baik, sehingga proses pertumbuhan rambut dapat maksimal. Tak hanya itu saja, tanaman ini juga dapat bermanfaat untuk menjaga air dan kelembaban pada rambut.

2. Anti-pruritus

Manfaat yang lainnya yaitu Anti-pruritus. Yang artinya  adalah suatu sifat yang dapat meringankan gatal dan kekeringan yang biasanya terjadi dalam kulit kepala. Penyakit Pruritus ini dapat terjadi pada kulit termasuk kulit kepala tentunya. Psoriasis yaitu penyakit auto-imun, hal ini ditandai dengan produksi yang berlebihan dari sel-sel kulit. Lidah buaya yang mempunyai sifat enzimatik memungkinkan untuk menghancurkan sel-sel kulit mati yang berlebihan. Herbal ini juga dapat mengurangi kemerahan, scaling, gatal dan radang kulit kepala yang disebabkan oleh psoriasis, yang secara langsung bermanfaat juga untuk rambut.

3. Anti Inflamasi/peradangan

Untuk menjaga kulit kepala yang di sebabkan oleh  inflamasi atau peradangan salah satunya adalah menggunakan lidah buaya, terlebih bagi anda yang memiliki kulit kepala sensitif dan rentan terhadap iritasi. Zat yang terkandung didalam tanaman ini dapat melakukan hal ini seperti Bradykinase, dan enzim analesgic anti-inflammatic, serta asam salisilat, yang merupakan senyawa aspirin, analgesik, dan anti-bakteri.

4. Mengurangi Ketombe

Manfaat lain dari lidah buaya adalah digunakan secara herbal oleh penduduk Indonesia untuk mengobati ketombe. Munculnya ketombe biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti kulit mati yang telah kita informasikan pada poin kedua. Tapi ada beberapa penyebab lain dari ketombe seperti  adanya Malassezia dan jamur lemak yang dapat hidup pada kulit kepala. Lidah buaya tak hanya menghilangkan sel-sel kulit mati, namun  juga mempunyai sifat anti-jamur.

5. Conditioning

Lidah buaya mempunyai Gel yang dapat digunakan untuk conditioning alami, manfaat gel ini adalah sebagai pendingin yang luar biasa. Zat seperti gel yang terdapat pada lidah buaya mempunyai komposisi kimia yang mirip dari keratin, protein yang terjadi secara alami terdapat dalam sel-sel rambut.

6. Mencegah rambut rontok

Untuk menjaga kesehatan rambut dan membuatnya tumbuh lebih sehat dan tidak rontok bisa dengan memakai tanaman lidah buaya sebagai shampo dan juga conditioner secara rutin.


Inilah Beberapa Rangkuman Mengenai Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut
• Meredakan Kulit Kepala Gatal
• Mengurangi Scalp Kemerahan & Peradangan
• Menambahkan Kekuatan & Luster Rambut
• Menyeimbangkan pH
• Meningkatkan Pertumbuhan Rambut
• Menyembuhkan Kulit Kepala yang Terkena Psoriasis & Seborrhea
• Gampang meresap pada rambut & Kulit Kepala sebagai nutrisi
• Anti jamur properites meredakan Ketombe
• Membantu Rambut Mempertahankan kelembaban & Mositure
Itulah sebagian manfaat tanaman lidah buaya untuk merawat kecantikan alami,semoga artikel ini dapat memberi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca.
Terimakasih sudah berkunjung.

Post a Comment for "Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut dan Kulit"